Terdapat 3 Fenomena Misteri Langit yang Tidak Sanggup Dijelaskan Melalui Sains

Fenomena Misteri – Para peneliti dibuat terbingung-bingung dengan apa yang terjadi pada langit di dunia ini. Sedari dulu kita telah disodori dengan kenyataan bahwa bumi berada di bawah langit. Namun beberapa orang telah mendatangi langit, tapi itu hanya sebagian kecil dari luasnya langit yang berada di alam semesta. Hal tersebut sejalan dengan misteri yang berada di sana.

Dari sekian banyaknya misteri yang pernah menghiasai langit, berikut terdapat empat peristiwa yang benar-benar membuat para peniliti kebingungan karena sangat jarang sekali fenomena tersebut terjdi. Penasaran? Silakan di lihat.

  • Fenomena Cahaya Marfa

Peristiwa aneh ini terjadi pada wilayah bagian Marfa, Texas pada tahun 1957. Waktu itu, sebuah artikel yang termuat pada satu majalah menceritakan adanya penampakan bola cahaya misterius pada malam hari di tempat tersebut.

Terkadang bola cahaya yang terlihat hanya satu, namun kadang bola cahaya ini terlihat membelah diri dan semakin banyak. Warna dari bola cahaya ini juga beragam, mulai dari putih, merah, kuning, hingga oranye dengan gerakan naik-turun.

Meski baru saja dipublikasikan pada tahun 1957, nyatanya fenomena ini sudah berlangsung sejak lama sekali. Salah satu penduduk Texas yang bernama Robert Ellison mengatakan ketika dirinya tengah berkemah di sebelah barat Paisano Pass, Texas, di tahun 1883.

Ia melihat cahaya aneh berbentuk bola dari kejauhan. Awal mulanya ia mengira jika cahaya tersebut sebagai salah satu sinyal/kode yang dibuat oleh suku Indian Apache.

Tapi, setelah memandangnya beberapa saat, ia baru menyadari jika cahaya tersebut bukanlah sebuah kode/sinyal. Ia juga melihat cahaya aneh berbentuk bola itu seakan sedang menari-nari di atas permukaan tanah.

Dikarenakan penasaran, ia pun segera pulang dan menceritakan peristiwa yang baru saja disaksikannya kepada teman-temannya.

Salah seorang temannya memiliki cerita kalua cahaya aneh tersebut memang kerap keluar di tempat tersebut. Akan tetapi tidak ada satu orang pun yang mengetahui dari mana asal cahaya aneh tersebut ada.

Hal yang paling aneh lagi yaitu lingkungan di sekitar penampakan bola cahaya tersebut. Di sana tidak ada terlihat bangunan, api unggun, ataupun aktivitas manusia lainnya. Jadi, sebenarnya dari manakah cahaya aneh tersebut terlihat?

Setidaknya tedapat tiga teori yang dikemukakan oleh para peneliti untuk memberikan penjelasan dari mana cahaya aneh itu berasal. Teori pertama mengatakan jika cahaya tersebut ada karena fatamorgana seperti biasa terlihat pada gurun pasir.

Hal tersebut juga terjadi karena terdapat perbedaan suhu yang sangat besar antara lapisan udara yang sangat panas dan dingin sehingga fenomena fatamorgana juga bisa terjadi.

Terori kedua menjelaskan jika cahaya aneh tersebut merupakan St. Elmo’s Fire, yaitu sebuah kilauan yang menyamai pelepasan listrik yang terjadi terus meneru pada objek tertentu. Pada umumnya fenomena ini terjadi akibat petir dan waktu tertentu dimana awan yang mengandung muatan listrik itu keluar.

Nah, ini juga menjadi kelemahan dari teori yang kedua karena diketahui pada saat peristiwa tersebut terjadi, kondisi cuaca di wilayah Marga tidak sedasng mendung serta tidak ada petir sama sekali.

Teori ketiga oleh para peneliti dikatakan juga sebagai teori pembalikan temperature. Teori ini menjelaskan bahwa cahaya aneh yang telihat di Marfa berasal dari lampu mobil yang sedang melintasi wilayah tersebut.

Pembalikan temperature terjadi ketika udara padat yang dingin terjebak pada lapisan udara hangat yang berada di dekat tanah.

Misalkan, ketika ada sebuah mobil sedang melintas di jalan tol yang bahkan bermil-mil jauhnya dan bertemu dengan kondisi pembalikan temperature, maka cahaya lampu mobil bisa membuat bola-bola cahaya aneh yang mengapung di udara.

Tapi, teori ini juga mempunyai kelemahan. Jika memang teori ini mengatakan jika cahaya aneh berasal dari lampu mbil, lantas bagaimana dengan kejadian pada tahun 1883?

Sementar aitu mobil sendiri baru diproduksikan di tahun 1896? Nah, asal muasal cahaya aneh ini pun hingga sekarang ini masih banyak sekali di perdebatkan.

  • Fenomena Upward Lightning

Berbicara mengenai hujan dan petir, kamu pastinya mengira jika semua petir berasal dari awan dan mengarah menuju permukaan bumi. Hal tersebut tidaklah salah karena memang seperti itu kejadiannya.

Tapi, jika dilihat secara seksama, ternyata terdapat satu dari skian banyak petir yang nyatanya bergerak di permukaan tanah ke atas langit, lho. Fenomena ini disebutkan sebagai kejadian “Upward Lightning”.

Pertama kali fenomena ini terjadi di tahun 1935. Waktu itu, Karl McEachron dari General Electric Company sedang merekam aktivitas klilat yang terjadi di permukaan gedung Empire State, New York, Amerika Serikat.

Ketika menyaksikan hasil video rekaman, ia melihat ada sesuatu yang janggal. Ternyata, dari sekian banyak petir, terdapat sebuah petir yang menyambar ke atas dan bukan melaju ke bawah.

Lantas, hal ini menjadi perdebatan di kalangan para peneliti. Akhirnya mereka juga menemukan sebuah fakta bahwa 1 dari 1.000 petir ternyata memang ada menyambar langsung ke atas. Akan tetapi para ilmuwan belum mengetahui kenapa hal tersebut dapat terjadi.

  • Fenomena Solid Light

Solit Light merupakan fenomena dimana munculnya sebuah cahaya sorot yang sering sekali terlihat menyoroti artis di panggung. Mudahnya jika kamu melihat acara Mr. Bean, anda pasti melihat ada lampu sorot yang mana nantinya Mr. Bean jatuh di sana. Nah, itulah yang dimaksud sebagai Solid Light.

Fenomena alam yang satu ini benar-benar sangat langka sekali dan tidak ada yang mengetahui pasti bagaimana proses serta penyebab terjadinya cahaya tersebut muncul. Orang pada zaman dulu berpikiran jika cahaya tersebut berasal dari cahaya piring terbang alias UFO.

Padahal UFO dan Solid Light ini merupakan dua fenomena yang sangat berbeda. Tapi memang kesamaan dari kedua hal tersebut merupakan sama-sama belum dapat dijelaskan secara ilmiah.

Itu lah ketiga fenomena langit yang sekarang ini masih belum bisa ditemukan jawabannya, terutama secara ilmiah. Pendapatmu, kenapa ya fenomena aneh tersebut bisa terbentuk?