Bukan Hanya Selat Madura, Fenomena Halocline Juga terjadi Pada Tempat ini

Fenomena Alam – Sebuah fenomena alam dua air laut yang tidak ingin tercampur belum lama ini sudah mengejutkan wargadi Selat Madura. Kejadian ini dikenal sebagai nama fenomena halocline.

Ternyata, fenomena halocline tidak hanya terjadi pada Selat Madura. Fenomena air laut yang tidak ingin tercampurin juga ada terjadi pada lokasi lain.

Fenomena halocline pada Selat Madura ini terjadi tepat di bawah Jembatan Suramadu.

Pendapat Adi Hermanto selaku Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Maritim Tanjung Perak, Surabaya, fenomena tersebut adalah hal yang sudah biasa terjadi.

Halocline yang terjadi ini mengakibatkan terjadinya gradasi warna sehingga air laut seolah-olah terlihat terbelah.Gradasi warna tersebut terjadi dikarenakan adanya perbedaan antara densitas atau masa jenis dan salinitas atautingkatan keasinan air laut.

Ketika air dengan kandungan garam yang rendah saling bertemu dengan yang lebih tinggi, maka fenomena alam ini kemungkinan akan selalu terjadi.

Ahli Kelautan Universitas Airlangga, Amin Alamsyah menyampaikan bahwa fenomena halocline ini seharusnya sangat minim terjadi ketika cura hujan masih tinggi.

Hal ini karena kondisi salinitasi air laut dan air tawar dari muara yang tercampur dan menghasilkan perbedaan salinitas yang begitu ekstrem.

Kemungkinan lain bisa saja karena terdapat paparan bahan pencemar yang terlarut. Hal lain yang mengakibatkan fenomena ini terjadi adalah suspensi lumpur yang tercampur dan turut mempengaruhi warna laut.

Selain terjadi di Selat Madura ini, fenomena air laut yang tidak tercampur juga terjadi pada beberapa lokasi lainnya.

Biarpun, penyebabnya bukan karena dari fenomena halocline, beberapa penyebab air laut tidak tercampur di daerah ini yaitu karena perbedaan suhu pada air tersebut.

Hal yang sama sering terjadi di Telur Alaska ketika air laut Samudera Pasifik dan Luat Bering saling bertemu. Kedua perairan ini sama sekali belum pernah menyatu.

Karenanya dari kedua perairan ini mempunyai konsenstrasi garam yang terlarut pada air dan kepadatan air laut tersebut sangat berbeda satu sama lain.

Kejadian serupa juga terjadi pada The Glass Window Bridge yang beada di Queen’s Highway, Gregoy Town, centeral Eleuthera, Bahama.

Tidak secara sengaja bertemu, dua laut yang berbeda warna dan karakteristik ini tidak bercampur karena terhalang pada strip batu selebar 30 kaki. Fenomena alam ini cukup untuk ketika dilihat melalui udara.

Itu tadi sedikit penjelasan kami mengeni fenomena air laut yang tidak tercampur yang terjadi pada Selat Madura beberapa waktu ini. Karena untuk, fenomena halocline ini menarik perhatian begitu banyak sekali orang.