5 Mitos tentang Lagu Lingsir Wengi yang Perlu Kamu Ketahui!

 Fenomena Gaib – Bagi anda yang sudah pastinya pecinta film kuntilanak, pastinya sering mendengar alunan musik dengan lirik “lingsir wengi sliramu tumeking sirno ojo tangi nggonmu guling”. Yah, ini adalah merupakan lagu yang berjudul Lingsir Wengi yang konon dipercaya memiliki suatu kekuatan mistis saat seseorang menyanyikannya. Menurut kepercayaan warga jawa yang berkembangkan lagu ini adalah salah satu media untuk memanggil arwah.

Ketika anda sedang menonton film kuntilanak sudah pastinya kita terus disuguhi oleh alunan backsound Lingsir Wengi, sehingga persepsi orang – orang pastinya menganggap benar bahwa ini adalah salah satu lagu pemanggil arwah. Akan tetapi, apakah anda tahu kalau ada 4 mitos tentang lagu Lingsir Wengi di masyarakat? Masi kita simak kenyataannya.

  • Untuk memanggil kuntilanak

Lagu ini tidak lepas dari film horror indonesia yang bertajuk kuntilanak. Lagu Lingsir Wengi adalah salah satu soundtrack pada film horror tersebut, dan presepsi masyarakat kepada lagu tersebut sontak berubah kearah yang cenderung negative dan mempercayai bahwa lagu tersebut adalah lagu yang memanggil atau mengundang hantu datang.

  • Memiliki kekuatan magis

Banyak lantunan lagu jawa yang bersyair magis bila dinyanyikan, dan salah satunya adalah lagu Lingsir Wengi yang konon di percaya dan di anggap sebagian orang yang memiliki gaib untuk melakukan spiritual.

  • Hantu wanita suka lantunan lagu Lingsir Wengi

Konon lagu Lingsir Wengi adalah lagu yang disukai oleh hantu wanita, terutama adalah hantu kuntilanak. Oleh karena itu kenapa setiap adegan film bertajuk kuntilanak selalu ada lagu Lingsir Wengi, dan menampilkan sesosok hantu wanita yang sangat menakutkan.

  • Sebagai lagu gending jawa

Faktanya adalah lagu yang diciptakan oleh sunan kalijaga. Kabarnya, sunan kalijaga menciptakan lagu kidung ini dengan menggunakan pakem gending jawa yaitu macapat. Pakem macapat ini terdiri dari 11 macam pakem dan salah satunya adalah pakem Durma yang memang membuat lagu macapat seperti lagu Lingsir wengi terdengar cukup seram dan mistis sehingga dapat menyayat hati untuk para pendengarnya.

  • Sebagai penolak bala

Akan tetapi fakta dari lagu tersebut adalah lagu yang di anggap menakutkan tersebut merupakan ciptaan sunan kalijaga yang merupakan salah satu dari wali songo yang menyebarkan agama islam di pulau jawa. Lagu ini sebenarnya dipakai oleh sunan kalijaga dan dinyanyikan saat selesai melakukan sholat malam dan berfungsi untuk menolak bala atau sial. Versi aslinya jauh berbeda dengan yang sering kita dengar sehari – hari, baik lirik Bahasa jawa maupun maknanya jika di terjermahkan dalam Bahasa indonesia semuanya berbeda.

Selasin itu sebenarnya lagu Lingsir Wengi juga bertujuan untuk mencegah perbuatan mahluk gaib yang suka mengganggu manusia. Makna lagu asli ini menyiratkan sebuah doa kepada tuhan. Berikut petikan lirik lagu asli Lingsir Wengi :

Lingsir wengi sliramu tumeking sirno

Ojo Tangi nggonmu guling

awas jo ngetoro

aku lagi bang wingo wingo

jin setan kang tak utusi

jin setan kang tak utusi

dadyo sebarang

Wojo lelayu sebet

Dalam Bahasa Indonesia artinya adalah

Menjelang malam, dirimu(bayangmu) mulai sirna

Jangan terbangun dari tidurmu

Awas, jangan terlihat (memperlihatkan diri)

Aku sedang gelisah,

Jin setan ku perintahkan

Jadilah apapun juga,

Namun jangan membawa maut

Jadi anda sudah tahukan mitos tentang arti dan makna lagu Lingsir Wengi ini? apakah anda masih takut untuk mendengar atau menyanyikan lagu Lingsir Wengi ini? padahal inti dari lagu ini justru bermaksud untuk menolah bala dan mahluk gaib.