5 perairan yang terkenal paling berbahaya di dunia

Fenomena Alam – Planet bumi ini sekian besar terdiri dari 70% adalah air. Tidak menjadi suatu hal yang mengherankan jika memiliki banyak ragam perairan, dan laut serta samudra. Mekipun terlihat sangat menakjubkan, laut dan samudra juga memiliki misteri yang sangat menakutkan, sekaligus bisa mematikan. Salah satunya terbilang sangat mengerikan banyak orang yakni adalah segitiga Bermuda.

Akan tetapi selain itu, ada sejumlah perairan lainnya yang terkenal berbahaya untuk umat manusia. Berikut perairan yang sangat berbahaya dan mematikan didunia selain segitiga Bermuda.

1. Great Blue Hole, Belize

Mungkin banyak nama negara Belize masih terdengar asing pada telinga banyak orang. Negara yang terletak di daerah pesisir timur Amerika tengah tersebut terkenal eksotis dengan panorama pantai yang indah.

Salah satu pariwisatanya yang terkenal yakni tur ke lubang biru atau lebih dikenal dengan Great Blue Hole. Jika dilihat dari atas perairan tersebut terlihat seberti lubang biru ditengah-tengah lautan.

Meski terlihat indah jika dilihat dari atas, namun tempat tersebut bisa menjadi berbahaya. Hal ini dapat terjadi karena suatu gelombang ombak laut dapat mengubah Great Blue Hole menjadi pusaran yang besar dan menarik segala sesuatu dalam permukaan mereka.

Meski begitu, oseanografer ternama Jacques Cousteau menyebut Great Blue Hole sebagai salah satu tempat yang sangat indah dan terbaik di dunia untuk menyelam.

2. Jacob’s well, Texas

Terletak di wilayah Wimberley, Texas, wisata air panas Jacob’s Well tentunya sangat menarik banyak wisatawan untuk terjun dan menyelam. Hal itu dikarenakan adanya pemandangan indah dari air jernih sebening kristal yang dihadirkan dalam Jacob’s Well.

Namun siapa sangka dibalik keindahan itu, jacob’s Well terkenal sebagai tempat penyelaman yang paling berbahaya. Di bagian bawah Jacob’s Well terdapat sejumlah gua yang dapat membuatmu tersesat jika sudah masuk ke dalamnya.

Dikabarkan, sudah lebih dari 300 penyelam yang tewas karena tak mampu keluar berenang dari perairan tersebut..

3. Danau Natron, Tanzania

Danau Natron terkenal mematikan karena disebut sebagai satu di antara perairan paling beralkalin di dunia. Jika dilihat dari satelit, danau ini bewarna merah karena dipenuh oleh kulit kering garam.

Temperatur air yang hinggah mencapai 50°C, serta beralkalin menjadikan danau ini bukan menjadi tempat yang tepat untuk hewan air hidup. Terbukti hanya tiga jenis ikan yang hidup di sana karena mampu beradaptasi dengan kondisi ekstrem.

4. Blue Hole, Dahab

Selain Great Blue Hole yang berada di Belize, ada juga blue hole lainnya yang berada di Dahab, Mesir. Menurut lagenda masyarakat, perairan itu dikutuk oleh hantu seorang gadis yang tenggelam karena lari dari pernikahan paksa.

Meski lagenda itu sangat sulit dibuktikan akan tetapi ada perkiraan perairan ini telah menyebabkan 130-200 penyelam tewas. Belum diketahui apa penyebab utama mengapa Blue Hole yang berada di Dahab ini dikenal sangat mematikan di dunia.

Tapi kebanyakan penyelam yang meninggal biasanya dipicu karena mengalami nitrogen narcosis, atau hilangnya kesadaran akibat efek nitrogen dosisi tinggi setelah menyelam yang turun jauh di bawah 20 meter.

Akibat banyaknya yang tewas, sampai dibuat sebuah dinding memorial khusus dari keluarga dan kerabat penyelam.

5. Selat Drake

Selat Drake merupakan selat yang terletak di Tanjung Horn, ujung benua Amerika yang dekat dengan Antartika. Bisa dibilang selat ini merupakan perairan yang ekstrem karena dipenuhi gunung es, badai angin, dan jarak pandang yang buruk sehingga setiap kapal yang lewat ke jalur itu akan menempuh perjalanan yang sulit.

Selat ini juga dikenal sebagai kuburan kapal mulai zaman invansi Portugis sampai akhirnya ditemukan Terusan Panama.