Asal – usul Jenglot dan Penggunaannya dalam Masyarakat

Fenomena Gaib – Indonesia memiliki banyak cerita yang sangat menarik dan sangat melegenda yang masih belum terbongkar, salah satunya adalah jenglot. Penemuan benda gaib yang bernama jenglot di Surabaya beberapa waktu lalu sempar gegerkan warga setempat di pantai watu –watu, kecamatan bulak. Isu yang terkait dengan jenglot sendiri sudah beredar sangat lama sejak tahun 1972 didaerah Wlingi, Jawa Timur. Pada saat itu banyak sekali paranormal yang melakukan tiratakan untuk bisa mendapatkan jenglot. Jenglot sendiri adalah sosok yang digambarkan sebagai mahluk humanoid yang memiliki rambut panjang, berkulit kasar, memiliki gigi dan kuku yang sangat tajam dan runcing. Akan tetapi, ternyata sempat ada seorqang penelitian yang dilakukan oleh Djaja Surya Atmaja, peneliti UI terhadap jenglot ini. Hasil dari penelitian ini ternyata cukup mencengangkan. Berikut adalah beberpa fakta yang terdapat pada diri jenglot.

1. Hasil DNA Yang Mengejutkan

Banyak teori yang menyebutkan tentang jenglot adalah merupakan seuatu penjelmaan manusia yang mendapatkan kutukan atau manusia yang di tolak oleh bumi. Akan tetapi, isu itu masih simpang siur sehingga apa yang dilakukan oleh penelitian Djaja Surya Atmaja salah salah satu seorang peneliti asal UI.

Hasilnya pun membuat mengagetkan, karena dari sampel kulit yang diambil dari sebuah jenglot ini ditemukan DNA yang sangat mirip dengan manusia. Akan tetapi Djaja mengatakan hal ini mungkin masih bisa salah karena ada beberapa potensi permukaan jenglot ini telah terkontaminasi oleh darah manusia yang merujuk dari kebiasaan pemilik jenglot memberi darah sebagai minuman.

2. Tidak Memiliki Struktur Tulang

Jika jenglot adalah manusia, maka sudah pasti akan memiliki struktur tulang yang mirip dengan manusia, atau setidaknya hampir mirip mendekati. Akan tetapi, teori jenglot berasal tentang dari manusia terbantahkan setelah budi sempurna DSF, salah satu seorang staff bagian forensic RSCM telah menyampaikan jika struktur badan jenglot hanyalah berupa pengangga dari kepala sampai kaki. Selain itu, tidak ditemukan jaringan kuku dan gigi seperti manusia yang ada di dalam jenglot.

3. Jenglot Itu Hidup

Banyak paranormal dan masyarakat yang percaya bahwa jika jenglot itu butuh makan berupa darah manusia. Akan tetapi setelah diteliti oleh seorang dokter yang bernama Budi Pramono ditemukan hasil jika jenglot tidak mungkin hidup karena tidak memiliki kelengkapan organ dalam tubuh. Dokter Budi Pramono telah menyampaikan bahwa sebuah organisme yang hidup itu harus memiliki organ untuk bernafas dan makan, dan itu semua tidak ada didalam tubuh jenglot.

4. Membuat Cepat Kaya

Banyak mitos bahwa jika jenglot ini bisa membawa rejeki kepada pemiliknya menyebar begitu sangat cepat pada masyarakat. Pesugihan, begitulah perkataan orang sekitar. Sampai saat hari ini, masih belum ada kebenaran tentang mengenai hal ini, dan masih di anggap sebagai suatu kepercayaan masyarakat. Untuk mendapatkan rejeki maka bekerja keras dan berdoalah adalah salah satu kunci utama agar anda bisa kaya dan sukses.

5. Didapat Dari Hasil Bertapa

Mitos dari cerita rakyat pada jaman dahulu sejak isu tentang jenglot muncul dimasyarakat. Akan tetapi seorang warga bogor yang berinisial YM, seperti yang dilansir Fenomenaalam pada bulan Oktober 2017, telah menceritakan telah ditemukan 2 jenglot ketika dirinya sedang berada di sebuah gunung mayang dan iseng membakar dupa. Tiba- tiba dia didatangi sosok dua mahluk yang disebut sebagai sosok jenglot. Akan tetapi ketika dibawa pulang, YM malah mengalami hal – hal yang aneh seperti mendengar tangisan – tangisan yang ketika dicari tidak tahu darimana asal sumber suara tersebut. Dan kadang juga ada penampakan sosok orang lewat didepan kamarnya. Sehingga pada akhirnya dia memutuskan untuk mengembalikan jenglot tersebut ke asalnya yaitu Gunung Mayang, dan setelah itu kejadian mistis didalam rumahnya langsung menghilang.

Cerita mitos yang berhubungan dengan jenglot ini hidup memang masih simpang siur. Akan tetapi, dari fakta – fakta dari forensic didapatkan bukti bahwa jenglot merupakan benda yang mati karena tidak memiliki untur – unsur mahluk hidup. Jadi menurut anda, apakah jenglot itu benar – benar hidup atau hanya mitos yang beredar didalam masyarakat? Itu semua tergantung pada diri anda masing – masing memandangnya.