Fenomena Alam di langit yang sangat langka dan jarang terjadi

Fenomena Alam – yang sangat unik dan jarang terjadi di dunia ini adalah fenomena alam yang berada di langit. Sejak zaman dahulu orang – orang sangat ingin dan tertarik untuk meneliti dan mempelajari sesuatu gejala alam terutama yang ada di langit. Ilmu yang mempelajari fenomena ala mini adalah termasuk astronomi yaitu manusia menggunakan pengamatannya dalam menunjang suatu kehidupan sehari – hari. Misalkan seperti terbang, berlayar, dan juga termasuk pertanian. Ada juga salah satu fenomena alam yang sangat menakjubkan di langit yang sering terdengar oleh kita yaitu bulan kembar. Apakah anda tahu fenomena alam apa saja yang berada di langit, inilah beberapa fenomena yang terjadi di langit.

1. Gerhana Matahari Total

Pada tanggal 9 maret 2016 silam di Indonesia pernah mengalami suatu fenomena alam gerhana matahari total. Pada saat itu di Indonesia telah di lewati oleh gerhana matahari total sampai 12 provinsi di Indonesia yaitu bermulai dari Bengkulu, Kalimantan tengah, Kalimantan selatan, Sulawesi selatan, Sulawesi tengah, maluku, sumatera barat, dan beberapa tempat wisata lainnya di Indonesia.

Fenomena tersebut sangatlah unik dan hanya terjadi satu gerhana matahari total yaitu di tahun 2019 dan 2 gerhana matahari cicin pada tahun 2009 dan 2019 yang akan datang. Sehingga pada tahun 2016 silam adlaah satu momen yang bersejarah bagi Indonesia. Seorang peneliti rela datang ke Indonesia hanya untuk meneliti dan mengamati bahwa wisatawan asing juga ikut berdatangan ke Indonesia hanya untuk memandangi keindahan gerhana matahari total.

2. Matahari kembar

Matahari tak henti-hentinya menyajikan fenomena menakjubkan. Ada suatu fenomena dimana matahari yang bernama Parhelion, seperti namanya fenomena alam tersebut menghasilkan bayangan ilustrasi seperti terjadinya muncul dua matahari sehingga terlihat seperti kembaran dari matahari yang dapat dilihat dengan mata telanjang. Fenomena tersebut merupakan fenomena atmosferik yang sudah amat sangat dikenal dalam dunia sains.

Proses terjadinya suatu peristiwa tersebut yang telah di dahului dengan adanya es hexagonal di langit, kemudian datang sinar matahari. Saat cahaya matahari menembus lapisan es maka muncullah cahaya kedua yang kemudian terlihat secara kasat mata seperti kembaran matahari.

3. Supermoon

Tahukan Anda apa yang dimaksud dengan Supermoon? Fenomena tersebut terjadi saat bulan penuh atau bisa di sebut juga bulan purnama berada pada titik di mana jarak dengan bumi sangat dekat. Sudah dapat dipastikan apa yang akan terjadi, yaitu penampakan bulan yang terlihat sangat besar.

4. Komet Honda

Seperti namanya bahwa komet tersebut ditemukan oleh Minoru Honda sekitar tahun 1948. Bukan hanya Koment Honda saja, ada Antonin Mrkos dan L’udmila Pajdusakova juga. Oleh karenanya nama lengkap dari komet tersebut adalah komet 45P/Honda- L’udmila Pajdusakova.

Anda bisa melihat keindahan komet tersebut dengan bantuan alat optic yaitu teleskop, sekitar 5,25 tahun komet tersebut akan mencapai matahari dalam orbitnya. Saat-saat yang paling tepat untuk mengamati komet tersebut adalah saat fajar dengan tingkat kecerahan maksimum.

5. Gerhana Matahari Cincin

Nah jika tahun 2016 yang lalu di Indonesia telah terjadi gerhanamatahari total, maka ada juga gerhana matahari cincin yang tidak kalah menakjubkannya.

Lalu apa perbedaan antara keduanya? Perbedaan utama dari gerhana tersebut adalah bahwa dalam proses terjadinya gerhana matahari tersebut bulan berada pada posisi terjauh dari bumi. Akibatnya dari sisi pengamat cahaya matahari tidak akan terhalang sepenuhnya, akan ada sedikit cahaya seperti cincin yang akan terilihat oleh pengamat.

6. Aurora

Aurora sering digambarkan dengan cahaya yang berdansa. Fenomena tersebut berawal dari suatu peristiwa dimana meledaknya bintik hitam pada permukaan matahari yang kemudian memuncul di angin surya. Kecepatan ledakan tersebut sangat tinggi sekitar 40 jam bisa mencapai jarak bumi.

Partikel yang dibawa angin surya adalah proton dan electron yang akan mempengaruhi atmosfer bumi. Ketika bercampur dengan oksigen atau juga nitrogen yang berada di atmosfer akan memunculkan aliran listrik yang mempunyai warna yang sangat indah yaitu warna hijau, pink, merah dan lain masih banyak warna lainnya.