Asal – Usul Genderuwo Yang Sangat Terkenal Di Indonesia

Fenomena Gaib – Bagi anda yangsudah mengikuti kisah – kisah mistis yang ada di indonesia, sudah pastinya anda tidak asing lagi dengan nama Genderuwo. Yah, mahluk yang konon ini memiliki postur tubuh yang sangat tinggi besar yang memiliki kulit hitam dengan rambut yang sangat tebal menutupi badannya, ternyata dipercayai keberadaannya oleh masyarakat Hindu dan Buddha saat agama islam belum memasuki indonesia. Istilah kata Genderuwo sendiri berasal dari Bahasa kawi, yaitu Gandharwa. Lalu istilah itu akhirnya lebih dikenal oleh masyarakat dengan sebutan Genderuwo, setelah beradaptasi dengan Bahasa jawa.


Menurut legenda cerita Genderuwo sendiri berawal dari mitos kuno Persia, yang mengenal mahluk tersebut dengan nama Gandarewa. Dalam sejarah cerita legenda Persia, gandarewa adalah salah satu sosok siluman air yang terus – terusan memakan hal – hal baik dalam suatu kepercayaan orang Persia sebelum pada akhirnya dia dikalahkan oleh seseorang pahlawan yang bernama keresaspa. Setelah itu di adaptasi oleh masyarakat Hindu – Buddha, genderuwo sendiri menjadi terkenal sebagai mahluk yang memiliki jenis kelamin pria yang tinggal di khayangan.
Menurut cerita, genderuwo senang sekali menggoda para kaum perempuan, dan bahkan menurut cerita, genderuwo dapat menjelma menjadi seorang suami dari seorang wanita untuk bisa berhubungan intim dengan wanita. Selain bisa menjelma menjadi manusia, genderuwo juga terkadang bisa menjadi sosok kecil berbulu yang bisa tumbuh besar secara cepat. genderuwo dikabarkan dapat menampakan dirinya kepada manusia jika dia merasa terganggu.


Dalam cerita kebudayaan Jawa mengatakan bahwa genderuwo itu berasal dari arwah seseorang yang meninggal secara tidak sempurna, seperti kematian yang diakibatkan oleh bunuh diri, penguburan zenajah yang tidak baik, dan bahkan kematian ayng di akibatkan oleh kecelakaan atau pembunuhan yang menyebabkan arwahnya belum mau menerima kematian.
Akan tetapi tidak semua genderuwo memiliki sifat jahat. Sama seperti manusia, genderuwo juga memiliki kepribadian yang sebaliknya. Ada genderuwo yang baik dan jahat, itu semua tergantung kepribadian genderuwo sendiri. Makanya, cerita ada beberapa orang yang bisa berteman dengan genderuwo karena kebaikannya itu. Untuk menilai genderuwo itu tergantung sifat dan perilaku manusia itu sendiri. Jika manusia itu suka mengusik dan mengganggu genderuwo, maka bisa saja genderuwo itu tidak segan mengganggu manusia.


Beberapa kalangan masyarakat bahwa genderuwo dapat membantu manusia untuk mendapatkan keuntungan dan keberuntungan dari melakukan permainan dan mendapatkan nomor togel agar bisa mendapatkan uang lebih. Cara manusia meminta bantuan kepada genderuwo juga adalah dengan cara membakar sate burung gagak yang merupakan salah satu makanan kesukaannya. Praktik ini juga masih ada di indonesia, yang dimana kebanyakan dari masyarakatnya sangat mempercayai kekuatan gaib dari mahluk genderuwo.