5 negara yang memiliki Api abadi, salah satunya termasuk Indonesia

Fenomena Alam – Api abadi bisa saja muncul kapan saja dan dimana saja jika di daerah tersebut terdapat kandungan gas alam atau minyak dan tersulut oleh api. Akibatnya, wilayah tersebut memiliki korbaran api yang tidak pernah habis. Inilah yang disebut juga sebagai Api Abadi. Beda dengan api yang pada umumnya, api abadi tidak akan padam meskipun terkena air hujan. Fenomena alam tersebut ternyata muncul di berbagai negara, salah satunya berada di indonesia tepatnya berada di jawa tengah, berikut beberapa api abadi yang muncul di berbagai belahan dunia.

1. Pintu neraka di Turkmenistan

Pintu neraka yang berada di Turkmenistan ini memang sangat terkenal didunia. Fenomena ala mini sangat terkenal dengan bentuk lubang yang sangat besar dan mengeluarkan api. Kemunculan pintu neraka ini berawal pada tahun 1971, ketika seorang ilmuan dari Uni Soviet melakukan pengeboran tanah untuk mencari minyak dan kemudian membakarnya untuk mengeluarkan gas yang sangat beracun. Saat pengunjung menyaksikan fenomena alam “Pintu Neraka” di Turkmenistan. Lubang ini juga menjadi symbol Turkmenistan merupakan salah satu negara yang memiliki cadangan gas yang banyak dan terbesar di seluruh dunia.

2. Api Abadi Mrapen Indonesia

Api abadi Mrapen adalah sebuah kompleks yang terletak di desa Manggarmas, kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Kawasan ini yang terletak di tepi jalan raya Purwodadi, Semarang, yang berjarak 26 km dari pusat Kota Purwodadi.

Kompleks Api Abadi Mrapen merupakan salah satu fenomena geologi alam berupa keluarnya gas alam dari dalam bawah tanah yang tersulut api sehingga menciptakan api yang tidak pernah padam meskipun turun hujan yang deras sekalipun.

Banyak peristiwa besar mengambil api dari kompleks api abadi Mrapen sebagai sumber obornya, misalnya pesta olahraga internasional Ganefo I tanggal 1 November 1963. Api abadi dari Mrapen juga digunakan untuk menyalakan obor Pekan Olahraga Nasional (PON) mulai PON X tahun 1981, POR PWI tahun 1983 dan HAORNAS. Api abadi yang berasal dari Mrapen juga digunakan untuk obor upacara hari raya Waisak.

3. Api Abadi Dibalik Air Terjun

Sebuah api abadi dekat air terjun berada di Shale Creek Preserve, bagian dari Chestnut Ridge Park di New York Barat. Letak api abadi ini berada di gua kecil mengandung gas alam di balik air terjun. Api ini terlihat hampir berkobar sepanjang tahun, meskipun dapat dipadamkan dan kadang-kadang harus dinyalakan kembali.

Diceritakan bahwa api ini ada karena hasil dari pribumi Amerika yang menyalakannya pada ribuan tahun lalu. Uniknya, walaupun tempat ini diketahui memang memiliki sumber daya minyak seperti etana atau propana yang tinggi, peneliti tidak mengetahui bagaimana api ini tetap dapat bertahan pada tempat seperti itu.

4. Yanartas Di Turki

Yanartas, atau dalam bahasa Turki artinya batu menyala, merupakan fenomena alam dekat lembah Olympos dan taman nasional di Provinsi Antalya di Barat Daya Turki. Di sini terdapat puluhan kobaran api kecil yang selalu menyala di sela-sela bebatuan di pinggir gunung.

Tepat di bawah api abadi terdapat reruntuhan kuil Hephaistos. Menurut sejarah, dewa Yunani yang menjadi api dan perannya sebagai pandai besi untuk para dewa lainnya. Untuk melihat api dan reruntuhan kuil ini, pengunjung terlebih dahulu harus menuju ke pintu masuk di kaki gunung. Situs ini berada di puncak pendakian sekitar satu kilometer.

5. Baba Gurgur Di Irak

Api Abadi yang berada di Irak, tepatnya berada di Baba Gurgur di daerah Kirkuk. Api abadi ini berawal dari lapangan minyak yang terbesar didunia. Tiba – tiba timbul api yang berasal dari gas alam yang dikleuarkan melalui celah bebatuan sekitar. Api badai inilah yang sering orang sebut “api abadi Baba Gurgur”. Api ini mengandung gas yang sangat beracun, salah satunya adalah gas Sulfida hydrogen yang sangat berbahaya, jadi untuk para pengunjung yang ingin datang, diharapkan untuk sangat berhati – hati akan asap yang ditimbulkan api ini. sumber api ini sudah ada sejak 4.000 tahun lalu dan dapat anda lihat dari kejauhan.