Asal Usul Misteri Vampir China Jiang Shi

Fenomena Misteri– Jika dibandingkan dengan jenis hantu dari barat, sebenarnya Vampir China bisa dibilang bukan seperti vampire tapi melainkan seperti zombie. Jiang Shi dalam kebudayaan tiongkok sebenarnya merupakan sebutan dari jenazah yang dikubur di tempat yang snagat kering, kurang lembab yang tidak akan bikin organisme kecil membusukan jenazah tersebut. Yang sampai bertahun – tahun jenazah tadi tetap saja seperti semula. Jenazah yang seperti itu biasanya mengandung dan menyebarkan sejenis racun yang berbahaya walaupun mayat sebenarnya memang mengandung racun.

Akan tetapi sebenarnya cerita tentang Jiang Shi atau vampire China ini semacam legenda yang beredar di masyarakat, walaupun ada dalam cerita sejarah, akan tetapi dalam cerita sejarah tidak resmi yang berupa catatan dari pengalaman seseorang. Di Tiongkok, catatatn sejarah terbagi menjadi dua, catatan resmi, yang berasal dari kamar sejarah kekaisaran dan satu lagi adalah catatan tidak resmi yang bersumber dari masyarakat.

Dalam cerita yang mencatat tentang Jiang Shi atau vampire ini adalah buku Shu Yi Ji yang isinya tentang suatu catatan kejadian yang aneh pada jaman Dinasti Qing pada pemerintahan kaisar Shunzi sampai kaisar Kangxi. Dalam catatan buku sejarah ini menyebutkan ada desa vampire pada awal Dinasti Qing. Konon menurut cerita legenda di siang hari Jiang Shi diletakkan didalam peti mati atau bersembunyi di tempat yang gelap seperti didalam Gua. Pada malam hari Jiang Shi akan bergerak dan melompat – lompat dengan kedua tangan tegak lurus kedepan.

Tidak semua vampire China digambarkan melompat –lompat seperti itu, akan tetapi ada juga yang gerakannya hampir mirip seperti zombie dengan struktur kulit yang pusat, daging datau badannya membusuk dan memiliki dua tering yang tajam seperti drakula. Akan tetapi vampire yang seperti ini kekuatannya lebih besar dan sering juga disebut sebagai raja vampir.

Jiang Shi memiliki kekuatan seperti supranatural, yang mempunyai cakar dan gigi yang sangat tajam, bisa juga terbang dan berubah wujud. Semakin lama usia Jiang Shi maka semakin kuat juga kesaktiannya. Ketika Jiang Shi mendapatkan korban, maka dia akan menghisap energy kehidupan korban. Akan tetapi dalam cerita yang seperti difilm, Jiang Shi diceritakan membunuh korbannya dengan menggigit leher dan menghisap darah.

Meskipun sangat sakti, Jiang Shi juga memiliki kelemahan, yaitu:

  • Jiang Shi tidak buta atau tidak dapat melihat, karena dia hanya mendeteksi mahluk hidup dengan melalui nafas, jadi Jiang Shi akan mengejar apapun yang bernafas.
  • Jiang Shi tidak bisa terkena matahari.
  • Jiang Shi tidak bisa melewati air yang sedang mengalir.
  • Jiang Shi takut akan ketan putih, garam, bawang putih, dan bawang merah.
  • Jiang Shi akan mati jika tersambar petir, di bakar, dan bisa juga melalui ritual Taoist.

Ada berbagai versi tentang Jiang Shi, diantaranya adalah:

  • Versi yang mengatakan bahwa Jiang Shi adalah salah satu mayat hidup yang telah dibangkitkan oleh Taoist untuk memindahkan suatu mayat kembali ketanah asalnya bila keluarga si mayat tidak punya uang, karena pemindahan mayat oleh Taoist memerlukan biaya yang lebih murah.
  • Versi lain yang mengatakan bahwa mayat yang menjadi Jiang Shi itu karena arwahnya tidak bisa keluar dari dalam tubuhnya akibat kematian yang tidak wajar seperti bunuh diri ataupun masih memiliki dendam.

Pada zaman dahulu, terutama yang berada didaerah Xiang Xi, banyak orang yang pergi merantau jauh mencari pekerjaan. Dan saat ketika para perantau itu meninggal, mayatnya akan dikirim kembali ke daerah asalnya. Karena menurut kepercayaan orang zaman dahulu, jika mayat tidak kembali ke daerah asalnya, arwahnya tidak akan tenang. Taoist hanya akan memindahkan Jiang Shi pada malam hari sambil membunyikan lonceng agar orang orang sekitar tahu bahwa Jiang Shi akan lewat.

Taoist menggerakan Jiang Shi dengan menggunakan media gerakan tongkat bambu naik turun, dan untuk para Jiang Shi akan bergerak mengikuti tongkat bambu tersebut. setiap Jiang Shi yang telah dikendalainkan memiliki jimat yang berwarna kuning di dahinya atau bisa disebut juga dengan kertas Hu. Jika jimatnya terlepas, maka Jiang Shi akan menjadi haus akan energy kehidupan. Menurut kepercayaan dahulu, orang yang melihat Jiang Shi akan mendapatkan kesialan.

Ada beberapa cara agar bisa melumpuhkan atau mengalahkan Jiang Shi:

  • Menggunakan telur ayam dan darah anjing hitam, bawang putih dan garam, agar Jiang Shi tidak mendekat.
  • Menahan nafas saat bertemu dengan Jiang Shi, karena Jiang Shi itu buta dan hanya menyerang dengan cara melacak nafas korban.
  • Menempelkan kertas Hu yang bertulisan mantra di dahi Jiang Shi.
  • Jika ada orang yang telah terkena oleh gigitan Jiang Shi, bisa disembuhkan dengan berendamkan didalam air ketan putih, agar orang itu tidak akan ikut berubah menjadi Jiang Shi juga
  • Melalui sebuah ritual Taoist, yang di yakini dapat mengendalikan Jiang Shi.

Demikianlah sebagian beberapa cerita legenda di negeri Tiongkok, hanya sekedar menambah pengetahuan bahwa masih banyak cerita dari zaman dahulu yang sangat melegenda sampai sekarang. Percaya atau tidak, semua tergantung pada diri anda masing – masing. Yang terpenting harus tetap berkeyakinan, bahwa ada tuhan yang menguasai alam bumi dan langit.