7 Kisah Misteri yang Populer di Danau Toba Hingga Saat Ini

Fenomena Gaib – Bagi anda yang penat dan lelah setelah berkerja pastinya anda ingin melakukan wisata ke puncak ataupun danau. Nah, anda bisa berwisata ke Danau Toba yang sudah terkenal hingga namanya sudah masuk Danau Internasional. Akan tetapi selain keindahan Danau Toba, masih juga banyak kisah misteri yang sampai saat ini masih menjadi misteri. Banyak berbagai cerita yang kerap dikaitkan dengan kesan mistis di beberapa tempat di Danau toba, mari kita ulas 7 kisah misteri yang populer di Danau Toba Saat Ini yang perlu anda ketahui.

1. Tangisan Misterius

Danau Toba yang sangat indah ini memang menawarkan pemandangan yang sangat memukau yang bisa anda pandang berhari – hari, bahkan danau tersebut juga indah pada malam hari karena itu banyak wisatawan dari mancanegara sampai wisatawan lokal memilih bermalam dan menikmati keindahan Danau Toba dan menikmati rembulan di malam hari.

Akan tetaapi, ternyata banyak juga sosok mahluk mistis yang tidak kasat mata yang seakan masih memiliki tanggungan di dunia yang diikuti dan menikmati malam di pinggiran danau toba, berawal dari tangisan yang samar- samar dan ditelusuri suara tersebut sangat jelas dan ternyata suara itu berasal dari sudut danau yang biasa di percaya itu adalah suara arwah orang yang menangis yang meninggal karena tenggelam di Danau Toba.

2. Ikan Mas Raksasa

Menurut cerita rakyat toba yang sangat meyakini dari turun temurun memang menceritakan bahwa di dalam Danau toba ini ada sosok tiga ekor ikan Mas yang besar dengan warna khas batak. Ikan tersebut berwarna Putih, Hitam, dan Merah, menurut pengakuan dari warga sekitar, mereka sering melihat ketiga ikan tersebut berukuran sangat besar di antara 5 – 10 meter saat melintas Danau tersebut.

Para nelayan diperairan Danau toba selalu gelisa pada saat ikan tersebut melewati karena sering sekali merusak jarring ikan mereka, menurut cerita rakyat, ketiga ikan ini adalah jelmaan dari penuinggu Danau Toba yang sudah ada ratusan tahun silam.

3. Sosok Wanita Berwajah Rata

Menurut kisah sekelompok pemuda yang telah mengakui pernah mengalami kejadian yang misterius dipenginapan dipinggir Danau toba, ketika itu anak muda itu memilih untuk bermain di pinggiran danau tepatnya pas sudah tengah malam karena anak muda tersebut Susah tidur. Dari beberapa sekelompok pemuda tersebut ada seseorang yang memilih untuk berdiam diri ditepian Danau Toba karena tidak ikut bermain dengan temannya.

Ketika temannya sedang asik bermain, dia malah melihat ada sosok seorang wanita misterius tiba – tiba muncul didekat temannya yang sedang asik bermain air. Wanita misterius tersebut berjalan dari danau menuju kearahnya, dan betapa terkejutnya ketika wanita tersebut mendekat, karena saat dilihat bukanlah sosok wanita yang berparas cantik, akan tetapi wanita itu tidak memiliki wajah atau bisa dibilang wajah rata tanpa ada mata, mulut, dan hidung.

4. Sosok Begu Ganjang

Begu Ganjang merupakan salah satu mahluk mistis yang sangat dikenal oleh suku Batak Toba. Begu Ganjang yang dalam artinya adalah hantu panjang yang keberadaannya sering dikaitkan dengan fenomena aneh seperti tiba – tiba sakit ataupun meninggal dunia secara mencurigakan, mereka yang pernah melihat sosok tersebut menyatakan bahwa Begu ganjang ialah mahluk yang sangat tinggi dan besar jika dilihat bisa mencekik orang tersebut.

Sosok seperti ini sangat dipercaya memiliki rambut panjang serta berdiam diri di sudut pohon yang sangat tinggi. Meskipun keberadaan mahluk tersebut masih bisa menjadi suatu perdebatan, akan tetapi masih banyak orang yang mempercayai keberadaan Begu Ganjang tersebut.

5. Sosok Naga Penjaga Danau

Menurut cerita masyarakat sekitar Danau Tobayang telah mengatakan bahwa mereka kerang sering melihat ada sosok Naga yang muncul dipermukaan Danau Toba. Menurut cerita yang berkembang di sana, Naga tersebut ialah anak dari Pak Toba yang berubah menjadi seekor Naga yang sampai saat ini menjaga Danau toba.

Yang membuat lebih seramnya lagi adalah Naga tersebut sampai kini kerap menampakan diri, beberapa dari nelayan yang menjala ikana didanau toba tersebut kadang melihat sosok mahluk yang besar bersisik seperti ular berenang di permukaan danau. Akan tetapi, tidak seorangpun yang sanggup membuktikan apakah itu benar atau hanya mitos.

6. Karma Dari Penunggu Danau

Banyak aturan yang berlaku di Danau Toba ini seperti tempat Lokasi Wisata lainnya. Hal ini ialah salah satu yang digunakan untuk dapat menjaga lokasi ini dan juga orang yang berada disekitarnya untuk menjadih dari gangguan mistis dari penunggu Danau Toba.

Akan tetapi, pada suatu saat ada seorang wanita yang telah melanggar peraturan tersebut dengan maksud untuk bisa membuktikan mitos – mitos masyarakat setempat, ternyata wanita ini melanggar peraturannya, kemudian dia diketahui telah meninggal dunia karena tenggelam di Danau toba ini mungkin saja para penunggu Danat Tersebut merasa resah dan marah sampai mengganggu wanita tersebut.

7. Wajib permisi “Santabi Oppung”

Memang sudah banyak sekali hal yang terjadi di danau Toba ini, baik ataupun buruk jalan menuju Danau toba memang harus melintasi berbagai tanjakan yang berliku. Konon ceritanya diantara jalan yang berliku serta lembah disekitar danau Toba tersebut ada gua misterius saat melintasi bagian depannya akan tiba – tiba mati mesin tanpa jelas alasannya.

Warga setempat mempercayai bahwa kalau demikian anda harus mengucapkan kata kalimat “Santabi Oppung” yang artinya adalah permisi dalam Bahasa medan. Sambil meletakan sebatang rokok yang sudah menyala dan kemudian mesin akan kembali menyala. Menurut cerita ini sama percis dengan cerita yang sangat dipercaya ada di daerah batu lubang sibolga.

Demikianlah 7 Kisah Misteri yang Populer di Danau Toba Hingga Saat Ini, jadi untuk anda yang ingin berwisata ke Danau Toba, sopan dan taatilah peraturan adat yang sudah dari turun temurun. Tidak hanya di Danau Toba saja, dimanapun anda berada, harus sopan dan anda akan terhindar dari marabahaya.