Suku Yang Paling Kental Dengan Ilmu Mistik Yang Berada DiIndonesia

Fenomena Mister – Indonesia terkenal akan suku dan budayanya bermacam – macam bangsa yang sangat mendalam di pelosok seluruh Indonesia, baik dari sabang sampai merauke. berbagai macam suku yang mendiamin indonesia masih banyak memiliki kekuatan mistik atau kelenik sendiri merupakan salah satu hal yang tidak bisa dari kebudayaan para suku yang berada diindonesia. Ilmu yang mendalam seperti ini telah mengakar dan menjadi bagian dari suatu ritual tradisional yang hampir selalu ada hingga sampai saat ini. Dan di antara banyak suku yang mendiami nusantara terdapat beberapa suku yang dikenal masih memiliki ilmu mistik yang sangat kental bahkan masih tergolong disegani karena sangking tersohornya suatu ilmu mistik yang mereka miliki saat ini, berikut adalah suku yang ada diIndonesia yang paling kental ilmu mistiknya.

Suku Dayak, Kaliamtan

Suku pertama yang sangat kental akan ilmu mistiknya adalah suku Dayak yang mendiamin disebagian wilayah daerah Kalimantan. Kalau bahas soal ilmu mistik rasanya tidak ada yang meragukannya lagi akan kekuatan mistik suku ini yang sudah terkenal sangat kuat. Kekuatan mistisnya itu biasanya ditaman pada senjata perang seperti Mandau, sipet, penyang dan lanju. Bahkan katanya keampuhan suatu ilmu mistis yang dimiliki oleh suku Dayak dapat juga di pergunakan untuk memikat lawan jenis agar mau menjadi pasangan mereka.

Orang yang biasanya dipercayai untuk melakukan berbagai macam hal ritual mistis ini adalah para pemuka atau ketua adat yang telah teruji kemampuannya. Sebagian dari anda pasti pernah mendengar tentang legenda pedang Mandau terbang ataupun minyak bulu perindu yang sangat terkenal dapat membuat penggunanya menjadi kebal terhadap berbagai senjata tajam, hal tersebut merupakan kekuatan mistis suku Dayak sekaligus bagian dari kekayaan budaya Indonesiayang sangat erat terhadap mistis.

Suku Batak, Sumatera Utara

Suku Batak merupakan salah satu buku yang mendiami di provinsi Sumatera Utara sekaligus suku yang cukup terkenal di seantero Indonesia karena suku yang satu ini terkenal sebagai suku yang suka merantau dan dikenal memiliki mental yang kuat. Akan tetapi selain itu suku Batak juga terkenal sebagai salah satu suku diIndonesia yang sangat kental akanilmu mistisnya terutama diwilayah Sumatera Utara sendiri. Hal ini dibuktikan dengan dinobatkannya oleh Prof. Sorimangaraja Sitanggang sebagai ketua paranormal sedunia di negara jerman pada tahun 2006 silam. Prestasi seperti ini tergolong sangat luar biasa karena Prof. Sorimangaraja telah berhasil mengalahkan perwakilan dari suku Voodoo dihaiti yang sudah terkenal didunia dengan kemampuan mistisnya. Salah satu ilmu mistis dari suku batak yang sangat terkuat dan terkenal dari jerman dulu sehingga saat ini adalah Begu Ganjang, salah satu sosok mahluk halus yang dipercayai memiliki tubuh panjang dari sinilah nama Begu Ganjang berasal, dalam Bahasa batak begu yang artinya setan dan sedangkan ganjang yang diartikan sebagai panjang.

Sedangkan seseorang yang biasa memelihara mahluk ini biasanya disebut sebagai Par Begu Ganjang, yang katanya orang yang memelihara mahluk ini sangat ditakuti oleh sosok Begu Ganjang sangat dipercaya sebagai roh yang dapat mencabut nyawa seseorang. Menurut cerita rakyat, siapapun yang melihat sosok Begu Ganjang akan segera mati beberapa hari kemudian, soisok Begu Ganjang dipercaya hanya akan memperlihatkan dirinya pada orang yang tidak disukai oleh tetuahnya. Selain terkenal dengan ilmu mistisnya yang sangat kental, masyarakat Batak juga terkenal sebagai suku suku yang sangat mementingkan pendidikan bagi anaknya, terutama anak laku – laki yang dianggap sebagai penerus marga yang sangat penting bagi kelangsungan sebuah marga dari keluarga Batak.

Suku Gayo, Aceh Tengah

Banyak yang salah paham saat mendengar nama suku Gayo dan menganggapnya sebagai salahsa tu suku yang berasal dari Aceh,hal ini sangat tidak tepat, karena sebenarnya garis keturunan suku Gayo ini lebih dengan dengan suku batak. Anggapan yang salah tentang suku Gayo ini kemungkinan muncul karena sebagian besar dari suku ini mendiami wilayah Takengon daerah kabupaten Aceh Tengah. Suku Gayo juga sebenarnya memiliki marga seperti kerabatnya yaitu Batak, akan tetapi hanya sebagian yang tetap menggunakan marga mereka sedangakn sebagian lainnya yang sudah mulai meninggalkan budaya adat ini. hampir mirip suku batak, suku gayo juga memiliki ilmu mistis yang sangat kental walaupun tak sekuat suku batak. Meskipun hampir sebagian besar masyarakat gayo adalah pemeluk agama islam akan tetapi kehidupan yang diiringi dengan hal mistis ini sudah mendarah dagung dan sulit untuk dilepaskan dari hari – hari suku Gayo.

Ikatan mistis yang kuat antara masyarakat Gayo dan kekuatan ilmu mistisnya dipengaruhi oleh tingginya kecemburuan sosial yang ada dilingkungan sosial masyarakat gayo itu sendiri. Sebagai contoh misalkan ada orang yang berada di sekitar Gayo dan orang itu meningkat karena ekonominya, tapi ada yang merasa cemburu, maka tidak aneh lagi jika ada salah satu anggota keluarganya yang mendadak sakit. Karena alasan yang tingginya suatu kecemburuan sosial di dalam masyarakat Gayo ini. keturunan suku Gayo yang sudah merantau enggan untuk kembali pulang ke kampung halamannya. Mereka juga tetap berprinsip dengan ilmu pengobatan tradisional meskipun banyaknya dokter yang sudah berkembang, suku Gayo tetap melakukan pelajaran obatan herbal.