5 Lagu Yang Diyakini Bisa Memanggil Hantu, Salah Satunya Yang Biasa sering Dinyanyikan Oleh Ibu

Fenomena Gaib – Apakah anda percaya ada beberapa lagu yang sebagian orang menganggap bisa memanggil mahluk halus? Beberapa orang memang beranggapan bahwa lagu yang bisa memberikan energy tersendiri kepada pendengarnya. Akan tetapi apakah benar energy itu bisa dirasakan oleh mahluk halus yang ada disekitar kita ini? Nah, sekarang kami akan mengulas 5 lagu yang diyakini bisa memanggil mahluk halus, berikut adalah lagunya.

1. Lingsir Wengi

Lagu yang satu ini sempat juga menjadi populer dalam perfilman kuntilanak beberapa tahun lalu. Menurut cerita yang dipercaya bahwa lagu ini bisa memanggil hantu yang berada disekitar kita loh. Lagu Lingsir Wengi ini merupakan salah satu lagu gending jawa yang menggunakan pakem macapat, alat pakem macapat ini terdiri dari 11 pakem salah satunya adalah pakem durma yang biasa dipakai dalam lagu Lingsir Wengi.

Banyak masyarakat percaya bahwa lagu Lingsir Wengi ini benar – benar bisa mengundang hantu, terutama adalah hantu kuntilanak. Berdasarkan sejarah yang telah dipelajari, lagu ini merupakan lagu ciptaan dari Sunan Kalijaga, yang lahir sekitar 1450 sebelum masehi dengan nama aslinya Raden Said. Sunan Kalijaga merupakan salah satu sunan yang menyebarkan agama islam dengan media budaya jawa, seperti wayang kulit, gamelan, dan seni ukir.

Sebenarnya lagu Linggir Wengi ini merupakan salah satu lagu yang diciptakan oleh Sunan Kalijaga sebagai penolak bala godaan mahluk halus. Bahkan, pada awalnya lagu tersebut hanya merupakan lagu kisah percintaan biasa.

2. Malam Satu Suro

Malam satu suro merupakan salah satu ritual yang biasa dilakukan oleh masyarakat yang masih memegang teguh adat jawa hingga sampai sekarang. Lagu malam satu suro sebenarnya memiliki lirik lagu yang tidak menyeramkan. Akan tetapi hanya masyarakat banyak mempercayai jika lagu malam suro ini mengandung mistik ketika dinyanyikan oleh sosok sundel bolong yang biasa diperan oleh suzana.

Karakter dan cerita yang biasa diperan oleh suzana ternyata juga melekat pada lagu malam satu suro ini. jika anda penasaran dan ingin mendengar lagu malam satu suro yang terdapat dalam film horror yang biasa diperanin oleh suzana, sebaiknya dengarkan beramai – ramai dengan teman anda.

3. Asereje

Bagi anda yang pernah remaja di era 90-an, anda pasti pernah mendengar lagu yang berjudul asereje, yang dinyanyikan oleh grup vocal Last Ketchup. Tapki siapa sangka tidak lama kemudian lagu ini telah menggemparkan para penggemar Last Ketchup karena beredar isu bahwa lagu ini adalah salah satu lagu pemuja setan. Ketika lagu ini diterjemahkan dalam Bahasa amerika bagian selatan dan spanyol, beberpaa kata yang muncuk merupakan sebagai kode nama dari iblis.

Asereje menurut suku Assab yang tinggal dibagian barat laut afrika meruapakan sebuah ritual untuk memanggil arwah yang telah meninggal dunia. Rumor yang sedang beredar juga mengatakan sebenarnya terdapat bebeapra kata yang tidak ada dalam Bahasa spanyol. Dinegara spanyol, lagu ini juga menjadi perdebatan bahkan diramalkan jika lagu ini yang menyanyikannya akan mendatangkan iblis.

4. Nina Bobo

Sebagian orang tua sering menyanyikan lagu Nina Bobo untuk anaknya yang sulit untuk tidur. Akan tetapi apakah anda tahu bahwa lagu tersebut dianggap sebagai lagu untuk memanggil mahluk halus. Atau ada juga yang sudah pernah mendengar ceritanya yang dikisahkan dalam sebuah cerita yang beredar, bahwa lagu ini mengisahkan tentang balita perempuan yang bernama Nina. Dia merupakan anak keturunan dari Indonesia dan Belanda dengan nama lengkapnya adalah Helenina Mustika Van Rodjnik. Namun sayangnya umur Helina tidak sepanjang umur orang tuanya, ia meninggal di usia empat tahun.

Lagu Nina Bobo ini memang sengaja diciptakan oleh ibunya untuk menidurkan Helenina ketika menangis ditengah malam karena susah tidur. Karena mengalami depresi dan kesedihan yang sangat mendalam karena anaknya meninggal dunia, ibu Helenina terus menyanyikan lagu Nina Bobo hingga waktu ketika arwah Helenina kembali datang kerumahnya karena nyanyian dari sang ibu.

5. Mantra Jelangkung

Lagu yang satu ini juga tak kalah membuat anda merasa merinding, yaitu mantra jelangkung. Nyanyian seperti ini sering kita dengar di perfilman horror Indonesia yang bertemakan Tusuk Jelangkung. Mahluk jelangkung.

Jelangkung merupakan salah satu permainan tradisional yang memang dikenal untuk memanggil mahluk lain dialam gaib. Beginilah mantra yang biasa untuk memanggil mahluk jelangkung.

“jelangkung jelangsat

disini ada pesta

 pesta kecil – kecilan

jelangkung jelangsat

datang tidak diundang

pergi tidak diantar”

seperti itulah lirik dari mantra jelangkung yang sering kita dengar. Percaya atau tidak, mungkin diantara anda sudah ada yang pernah memainkan permainan jelangkung ini dan membuktikannya sendiri memanggil mahluk halus. Akan tetapi jika anda ingin memainkannya, lebih baik agar anda berhati- hati dengan permainan jelangkung ini, takutnya terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan.

Inilah 5 lagu yang dipercaya bisa memanggil roh atau mahluk halus. Untuk kebenarannya semua tergantung pada diri anda sendiri percaya atau tidak percayanya. Akan tetapi lebih pastinya yang perlu anda takuti hanyalah tuhan yang maha esa. Hanya tuhanlah yang menciptakan alam semesta ini.