5 Sinkhole Ini Justru Menjadi Tempat Wisata Dengan Pemandangan Yang Indah

Fenomena Alam – Fenomena Sinkhole merupakan salah satu fenomena yang masih hangat dalam perbincangan. Dalam kurun waktu setahuh paling tidaknya terjadi tiga Sinkhole diIndonesia. Sinkhole atau bisa disebut juga sebagai lubang runtuhan merupakan lubang besar pada permukaan tanah yang terjadi secara tiba – tiba. Nah, fenomena ini ternyata banyak menyita para perhatian warga karena lubang yang timbul dipermukaan cukup besar dan dalam. Akan tetapi tidak disangka, bukannya menyeramkan, beberapa fenomena Sinkhole ini justru memiliki pemandangan yang sangat indah. Pada akhirnya 5 Sinkhole ini justru menjadi tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi.

1. Sinkhole Donggala, Sulawesi Tengah

Sinkhole yang satu ini malah menjadi tempat wisata yang ramai dikunjungi orang – orang dan mirip seperti kolam alami. Selain itu, Sinkhole Donggala ini juga bisa disebut juga sebagai sumut laut yang sangat jarang sekali terjadi di dunia.

Untuk para wisatawan dan wargapun memanfaatkannya sebagai ajang keberanian dengan cara melompat dari tebing. Keunikan dari kola mini adalah saat air laut pasang, maka air yang berada dikolam akan surut. Akan tetapi jika air laut surut, maka air yang berada dikolam akan menjadi pasang. Wizata Sinkhole ini terletak dilokasi Towale, kecamatan Bawana, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah. Lokasi tepatnya Sinkhole ini berada di tepi laut.

2. The Great Blue Hole, Belize

The Great Blue Hole merupakan lubang yang berada dilaut lepas pantai Belize, Amerika Tengah. Luasnya sekitar 318 meter dengan taksiran kedalaman 124 meter. Tempat lokasi wisata ini menjadi salah satu situs warisan Dunia UNESCO.

Sinkhole seperti ini diperkenalkan oleh Jacques Cousteau, yang telah menyatakan sebagai salah satu dari 5 situs scuba diving yang terbaik didunia. Sinkhole ini sangatlah populer dikalangan para scuba, karena airnya yang sangat bening bahkan sebening Kristal, bahkan anda bisa langsung melihat spesies ikan yang sangat menarik di dalam laut.

3. Harwood Hole, Selandia Baru

Harwood Hole adalah gua yang terletak dibagian barat laut Pulau Selatan di daerah Selandia Baru. Untuk kedalaman gua ini hingga sampai keseluruhannya bisa mencapai 357 meter. Sinkhole ini telah menjadi gua untuk orang yang suka melakukan eksplorasi ke goa terbdalam Selandia Baru.

4. Sima De Las Cotorras, Meksiko

Sima De Las Cotorras adalah lubang yang terletak di daerah Cagar Biosfer daerah Chiapas Barat, Meksiko Selatan. Tempat ini adalah salah satu dari jumlah Sinkhole di daerah tersebut yang semuanya dihasilkan oleh proses pembentukan tektonik dan erosi pada batu gamping di kawasan itu sendiri.

Meskipun bukan lubang yang besar, Sinkhole ini juga dikenal karena menjadi tempat wisata yang banyak dihuni burung parkit hijau Meksiko yang tinggal di kawasan itu. Sebagian besar pengunjung datang ke Sinkhole Sima De Las Cotorras hanya untuk menikmati dan melihat burung.

5. XiaoZhai Tiankeng, China

Xiaozhai Tiankeng banyak dikenal sebagai Heavenly Pit yang merupakan Sinkhole terdalam didunia yang terletak di daerah Fengjie, Chongqing, China. Sinkhole ini memiliki panjang sekitar 626 meter, kedalaman antara 555 meter sampai 662 meter, dan memiliki lebar hingga sampai 537 meter. Tempat ini telah dikenal banyak orang sejak zaman kuno dahulu.

Xiaozhai ini sendiri merupakan sebuah nama desa kecil yang sudah ada penduduk yang tinggal di sana dan Tiankeng yang berarti adalah lubang surge atau bisa disebutjuga dengan Heavenly Pit. Jika anda ingin menuju kesana, maka anda harus melewati anak tangga sebanyak 2.800 maka anda bisa sampai ke Sinkhole.