Misteri Prabu Siliwangi seorang pemimpin Yang Ideal 

Fenomena Misteri – Dengan adanya sinetron yang mengabil tema raja yang legendaris kisah seorang Prabu Siliwangi kembali diangakat. Memang sosok seorang Prabu Siliwangi adalah panutan yang sangat dibangakan oleh masyarakat sunda. Pasalnya dirinya dianggap sebagai seorang raja yang sangat bijaksana dan merupakan seorang pemimpin yang ideal.

Meskipun begitu untuk kisah kehidupan Prabu siliwangi sampai saat ini masih diliputi banyak misteri. Karena berbagai macam teori yang terus berkembang tantang asal-usul Prabu siliwangi bahkan hilangnya keberadaan Prabu siliwangi sendiri beserta kerajaan pajajaran.

1 Menjadi Raja Saat Zaman Pasundan

Disebuah prasasti batutulis, dikisahkan bahwa seorang Prabu Siliwangi memiliki gelar Sri Baduga Maharaja karena dinobatkan sebagai raja sebanyak dua kali. Yang pertama kali Prabu Siliwangi menjadi raja saat menerima tahta kerajaan galuh dari ayahnya (Prabu Dewa Niskala) dan yang kedua kalinya adalah tahta kerajaan sunda dari mertuanya (susuktunggal).

Maka dari kejadian kedua peristiwa tersebut maka Prabu Siliwangi menjadi penguasa dari kerajaan Sunda dan kerajaan Galuh. Disaat masa pemerintahaannya diceritakan Prabu siliwangi sanggup memimpin dengan bijaksana dan bahkan dirinya tidak mau terlalu memberatkan rakyatnya dengan pajak. Bahkan bukan itu saja Prabu Siliwangi juga memberi rakyatnya kebebasan untuk menganut agama sesuai kepercayaannya.

2 Asal Nama Siliwangi

Ada beberapa teori dan pendapat tentang asal muasal nama Siliwangi. Yang pertama adalah nama Siliwangi berasal dari kata Silih dan Wewangi yang memiliki makna pengganti dari Prabu Wangi. Nama tersebut diambil untuk seorang Sri Baduga Maharaja yang menjadi penganti Prabu Wangi. Hal tersebut karena termashurnya Sang Prabu Wangi, maka keturunannya akan disebut sebagai Prabu Siliwangi.

Dalam versi lainya adalah Prabu Pamanah Rasa menggunakan nama Prabu Siliwangi ketika ia mengambil keputusan untuk memeluk agama Islam. Hal tiu dilakukan sebagai syarat untuk menikahi Nyi Ratu Subanglarang yang seorang murid dari Syaikh Quro.

3 Siluman Harimau Putih dan Prabu Siliwangi

Dalam salah satu mitos yang beredar menyertai Prabu Siliwangi adalah tentang seekor Harimau Putih atau Maung Putih. Disalah satu cerita mengungkapkan bagaimana Prabu Siliwangi dapat mengalahkan siluman harimau putih dalam sebuah pertarungan sehingga harimau tersebut kemudian menjadi pengikut Prabu Siliwangi.

Dan ada kisah lainya justru Prabu Siliwangi sendirilah yang menjelma menjadi seekor Harimau Putih. Dalam cerita ini ada yang berpendapat bahwa beliau menjelma menjadi maung setelah melakukan tapadrawa, tapi ada juga yang menceritakan bahwa Prabu Siliwangi menjadi Harimau dan tinggal di hutan karena menolak ajakan dari putranya Raden Kian Santang untuk memeluk agama Islam.

4 Menghilangnya Kerajaan Pajajaran dan Prabu Siliwangi

Yang merupakan misteri terbesar adalah kisah tentang hilangnya kerajaan pajajaran berserta Prabu Siliwangi. Para arkeolog yang memeliti situs sejarah satu ini kehilangan jejak untuk mencari keberadaan istana kerajaan Pajajaran. Dan kerajaan Pajajaran sendiri merupakan satu-satunya kerajaan di pulau jawa yang tidak takluk pada Majapahit.

Ada juga yang menceritakan bahwa istana pajajaran dihancurkan oleh tentara Banten saat menunpas agama Sunda Wiwitan untuk memperluas pengaruh Islam. Untuk versi cerita ini memiliki bukti denga nada ditemukannya Palangka Sriman Sriwacana atau Singgahsana dari Raja Pajajaran di depan bekas keratin Surasowan, Banten. Dan menurut kabarnya tentara Islam yang memenangkan peperanganlah yang memboyong singgasana tersebut dari Pakuan ke Surasowan.

Cerita lain ada juga yang menyebutkan setelah meniggalnya Nyi Subanglarang, sang Prabu Siliwangi tidak lagi taat pada agama Islam dan keimanannya terus bergejolak. Sementara dilain pihak anak dan cucunya berpengang teguh pada Islam dan bahkan ada yang menjadi wali yaitu Sunan Gunung Jati. Dikarenakan itulah sang Prabu Siliwangi tidak ingin terjadi pertumpahan darah dengan anak dan cucunya sendiri maka ia lebih memili menghilang bersamaan dengan kerajaan Pajajaran sehingga tidak dapat dilihat atau ditemukan dengan mengunakan pandangan biasa.

Sejarah merupakan salah satu hal yang terkadang sulit ditelusuri dan mengandung banyak misteri. Apalagi jika bukti-bukti sejarah yang mendukung ternyata sulit untuk ditemukan. Walaupun perdebatan tentang sosok legendaris ini bisa saja terus mengalir dengan waktunya, tapi Prabu siliwangi tetaplah merupakan sosok inspiratif bagi masyarakat.