Mahluk Gaib Asal Minangkabau Padang Dengan Sifat Mengerikan

Fenomena Gaib – Mendengar kata Minangkabau, terlintas kita sering menyamakannya dengan orang yang berasal dari padang. Akan tetapi Minangkabau dan Padang itu memiliki suatu arti yang berbeda. Minangkabau adalah gabungan dari daratan yang tidak hanya terdiri dari sumatera barat tapi juga sebagian wilayah seperti Bengkulu. Jambi, Riau bahkan meliputi negeri Sembilan di Malaysia. Terlepas dari bagaimana presepsi yang banyak sering disamakan, ternyata Minangkabau sendiri memiliki suatu cerita yang khas tentang mahluk gaib yang masih dipercayai oleh masyarakat Minangkabau sampai saat ini. apa saja mahluk gaib khas Minangkabau?

1. Siampa

Siampa merupakan salah satu sosok hantu yang tinggi besar dan berwarna hitam dengan mata yang menyala. Siampa sering dijumpai pada pepohonan yang sangat besar dan juga sudah tua yang sudah lama tidak dihuni oleh manusia. Berdasarkan dari cerita masyarakat Minangkabau, siampa ini juga dikenal sebagai hantu yang sering mengganggu para manusia dengan cara menindih ataupun mencekik saat anda tertidur. Hal seperti ini dipercaya oleh masyarakat setempat karena kejadian tersebut sangat sering sekali terjadi.

2. Inyiak

Inyiak sebenarnya adalah sebutan untuk seorang kakek dalam suatu anggota keluarga di Minangkabau. Akan tetapi Inyiak juga memiliki arti dari harimau jelmaan yang memiliki ilmu gaib. Ada beberapa versi tentang keberadaan mahluk gaib harimau ini. salah satunya merupakan kisah tentang kakek dalam sebuah anggota keluarga yang mempelajari dan memiliki suatu ilmu gaib. Lalu ilmu gaib tersebut bisa berubah wujud menjadi sosok harimau yang tak kasat mata menjaga kakek tersebut.

3. suluah

Suluah merupakan salah satu mahluk yang berwujud seperti percikan api yang melayang setelah azan magrib sampai menjelang pagi. Suluah ini biasanya digunakan oleh dukun yang akan melakukan santet seseorang, hingga orang yang disantet akan mengalami hal – hal yang sangat mengerikan. Akan tetapi ceritanya hantu dalam percikan api ini akan menghilang jika ada seseorang melihatnya.

4. Palasik Kuduang

Palasik Kuduang merupakan salah satu hantu yang diceritakan sering sekali mencari tumbal seorang anak – anak. Apabila Palasik merupakan orang yang mempelajari dan yang telah memiliki kekuatan ilmu gaib tingkat tinggi. Kaduang yang diartikan dalam Bahasa minang adalah terpotong atau buntung. Sebab itu hantu Palasik Kaduang itu sendiri memiliki khas yaitu tidak memiliki cekungan diantaranya bibir dan hidung.

Itulah beberapa mahluk gaib yang sangat menyeramkan dan masih dipercaya sama orang Minangkabau. Didaerah lain mungkin juga ada kepercayaan yang hampir sama tentang mengenai keberadaan mahluk gaib tersebut. anda boleh mempercayainya ataupun tidak semua tergantung kepada diri anda sendiri. Akan tetapi yang maha kuasa dan penciptalah yang harus anda takuti yaitu Tuhan Yang Maha Esa.