Misteri Panglima Kuda Putih Yang Masih Dipercaya Membawa Keberuntungan Dizaman Sekarang

Fenomena Gaib – Realitas kehidupan sosial masyarakat sebagian besar masih percaya dengan hal-hal berbau kuno.

Salah satunya seperti keramat kuda yang merupakan tempat yang merupakan kuburan kuda putih yang masih dipercaya sebagian masyarakat di Desa Matapao, Teluk Mengkudu Serdang Bedagai sebagai pembawa keberuntungan.

Cerita yang merupakan tradisi turun temurun, masih dipercaya sebagian masyarakat sekitar. Kisah Raja Pao yang berada di Desa Matapao Kecamatan Teluk Mengkudu Kabupaten Serdang Bedagai masih membawa tradisi dan dipercaya membawa keberuntungan.

Misdi, penjaga kuburan Kuda Putih atau yang dikenal dengan keramat kuda mengatakan bahwa Raja Pao merupakan Seorang Datok Pao yang memiliki sifat sombong, kejam dan angkuh terhadap penduduk setempat.

Konon Datuk Pao di pinggangnya tergantung pedang panjang dan memiliki Kuda Putih yang selalu ia tunggangi untuk menabrak masyarakat setempat yang tidak mau minggir saat ia melintas. Dan yang sering menjaga kuda putih milik Raja Pao adalah Ramli.

“Namun saat itu ada seorang Syekh yang menyiarkan agama Rasulullah ingin ditabrak oleh raja Pao namun si Ramli mengetahui itu adalah gurunya, lalu dia melompat dan menghadang Kuda Putih milik Raja Pao agar dia berhenti,” tutur Misdi saat menceritakan kisah Raja Pao, di Matapao, Minggu.

Sebagai penjaga keramat kuda, Misdi mengatakan bahwa ini merupakan suatu sejarah tentang Raja Pao dan Kuda putihnya yang sekarang kuburanya masih tetap dirawat dan dijaga kebersihannya, dan inilah dinamakan Keramat kuda.

“Sebagian besar warga masih ada yang datang meminta pertolongan dengan meninggalkan uang dan makanan di bawah patung kuda ini, sebagian juga ada yang hanya sekedar melihat dan berfoto saja,”ujar pria penjaga yang berusia 58 tahun itu saat ditemui Fenomena Misteri, minggu lalu.

Meskipun demikian, Misdi juga menambahkan tak jarang orang yang lewat hanya melemparkan uang receh di Keramat Kuda ini.

“Jadi sudah memang tradisi dahulu masih ada yang mempercayainya, dan biasanya waktu libur lebih banyak orang yang berkunjung,” tambahnya lagi. Percaya atau tidak semua tergantung kepada diri anda sendiri, akan tetapi semua kisah keramat kuda putih masih merekat di kalangan masyarakat zaman now