Misteri Batu Vottovaara, Fenomena Alam Yang Masih Belum Terpecahkan

Fenomena Alam – Dua puluh kilometre sebelah tenggara di daerah Desa Sukkajarvi, bagian barat bukit Karelia, rusia, terdapat gunung Vottovaara. Daerah ini pernah tertutup oleh lapisan es yang besar, yang tebalnya sampai beberapa kilometer sekitar 10.000 tahun yang lalu.

Pada lapisan es tersebut lama kelamaan mencair dan kini meninggalkan sebuah lanskap yang unik, berupa batu – batu berserakan yang pasti bentuknya sangat aneh. Salah satu batu tersebut yang paling mencolok di Vottovaara adalah batu seimbang (balancing stone), yang terdiri dari sebuah batu yang besar dan di sangga oleh batu – batu kecil.

Bebatuan lain yang menarik adalah batu yang berbentuk seperti tangga. Ada juga yang berbentuk batu terbelah. Tiupan angin yang terus menerus, pohon – pohon pinus kerdil, rawa – rawa serta bebatuan aneh itu menjadi salah satu pemandangan yang berbeda di Karelia.

Bebatuan tersebut menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung. Banyak orang yang dating karena penasaran akan bentuk dari bebatuan aneh tersebut. Sebagian dari mereka bahkan tidak percaya jika batu – batu tersebut tercipta dengan sendirinya karena dari proses alam. Mereka yakin bebatuan tersebut dibentuk dan ditempatkan disana oleh campur tangan manusia.

Akan tetapi faktanya, bebatuan yang ada di Vottovaara memang terbentuk secara alami. Suku sami yang merupakan masyarakat adat setempat telah meyakini bahwa Vottovaara adalah gunung suci dan menyebut batu – batu aneh itu ‘sieds’ mereka menganggap bebatuan itu memiliki kekuatan gaib.