Fenomena Dimana Hari Tanpa Bayangan Mampir Diindonesia

Fenomena Alam – Fenomena hari tanpa bayangan bakal terjadi di Yogya, Minggu (13/10/2019) tepatnya pukul 11.24 WIB. Pada hari dan jam tersebut matahari akan tepat berada tegak lurus di atas Yogya.


Kepala Kelompok Data dan Informasi Stasiun Klimatologi BMKG Yogyakarta, Etik Setyaningrum mengatakan, pada saat itu posisi matahari memang berada di Pulau Jawa.
Dan saat bulan-bulan tersebut sering disebut Equinox, dimana matahari tepat berada di garis katulistiwa.
Etik Setyaningrum menambahkan, Equinox terjadi setahun dua kali. Untuk wilayah Yogyakarta yang berada di selatan ekuator, kulminasi matahari akan terjadi pada kisaran tanggal 13 Oktober jam 11.24 WIB.
“Kondisi ini biasa disebut hari tanpa bayangan, sebab saat itu posisi matahari tegak lurus tepat di atas wilayah Yogyakarta. Jadi bila kita berada di luar seakan akan tidak ada bayangan yang muncul, apabila kondisi cuaca tidak berawan,” ungkapnya kepada KRJOGJA.com, Sabtu (05/10/2019).
Menurutnya iklim yang biasa terjadi di periode kulminasi ini pada umumnya suhu udara bisa terasa lebih panas. Kondisi seperti ini lazim terjadi di bulan September – Oktober dan pada bulan-bulan tersebut juga masih masuk periode musim kemarau.