5 Fenomena Alam Yang Paling Indah Dari Berbagai Dunia

Fenomena alam – Dunia ini memang penuh dengan berbagai keindahan dan fenomena alam yang menakjubkan. Beberapa diantaranya sampai membuat orang-orang tidak bisa berkata-kata akan terbentuknya keindahan fenomena alam tersebut.

Pastinya keindahan fenomena alam itu sangat layak untuk dikunjungi, meski hanya sekali saja dalam seumur hidup. Tetapi saat mengunjunginya, bersiaplah akan terpukau dengan melihat fenomena yang seakan mustahil yang terbentuk secara alami. Penasaran dengan fenomena apa saja yang memiliki keindahan yang paling memukau di dunia, kini sudah kami rangkum dalam fenomenaalam.com mari kita simak ceritanya.

1. Danau Baikal, Rusia

Fenomena alam di Danau Baikal, Rusia fakta yang menyebutkan jika danau ini adalah salah danau tertua dan terbesar di dunia. Danau Baikal ini memiliki panjang yang berkisar 640 kilometer dengan air yang jernih. Uninya danau Baikal ini dihuni oleh beberapa spesies yang tidak dapat ditemukan di tempat yang lain. Fenomena alan yang indah ini hanya dapat ditemukan ketika musim dingin, disaat danau membeku. Gelembung yang berada dibawah permuakan danau itu muncul dari makhluk hidup dibawah danau dan terperangkap emisi metana.

2. Taman Nasional Zhangye, China

Batuan di Taman Geologi Zhangte Danxia, Provinsi Ganshu, China ini memiliki keindahan yang begitu menakjubkan. Keindahan fenomena alam yang satu ini begitu memukau. Hal ini terjadi karena batuan yang berada di taman nasional ini memiliki warna-warni sehingga menyerupai pelangi. Kebanyakan orang pasti tidak akan percaya secara langsung jika warna tersebut ini muncul secara alami. Namun fenomena yang satu ini merupakan hasil endapan batu, pasir, serta mineral yang disimapn selama 24 juta tahun. Sehingga membentuk efer warna-warni yang kemudian tertekuk oleh lempeng yang sama-sama membentuk pegunungan Himalaya. Angin dan hujan yang menerpa kemudian semakain menyempurnakan bentang alam nan dramatis ini.

3. Gerbang Neraka, Turkmenistan

Fenomena alam yang menakjubkan selanjutnya berada di Negara Turkmenistan. Keajaiban alan yang satu ini disebut dengan Gerbang Neraka, tempat ini bernama Kawah Darvaza. Hal ini kaerna kawah tersebut sudah terbakar selama 40 tahun. Lubang ini pertama kali ditemukan pada tahun 1971 oleh ahli geologi Uni Soviet. Namun, tanah dibawah rig pengeboran runtuh dan meninggalkan lubang kawah selebar kurang lebih 70 meter. Mulai dari sinilah fenomena alam gerbang neraka dimulai. Gerbang Neraka tersebut dipenuhi dengan gas alam yang beracun. Sebab itu mereka memutuskan untuk membakar lubang tersebut. Para ilmuwan itu berharap api akan padam sendirnya dalam waktu beberapa hari, namun sampai saat ini api itu terus membara.

4. Batu berjalan, California

Berada dilokasi Death Valley, California yang merupakan hamparan danau gurun yang bernama RaceTrack Playa., mempunyai fenomena alam yang unik. Fenomena itu adalah batu yang seakan bisa berjalan sendiri. Batu itu meninggalkan jejak dibelakangnya seolah bisa berjalan sendiri. Namun setelah diteliti, ternyata batu tersebut dapat bergerak dengan sendiri karena mengandung lapisan air tipis yang membeku diatas danau. lapisan es tersebut yang bisa membuat batu itu berjalan ketika ditiup angin.

5. Pulau Socotra, Yaman

Fenomena alam yang satu ini berada di Pulau Socotra yang terdapat di Negara Yaman mempunyai pemandangan yang menakjubkan “seperti bukan di Bumi”. Hal itu dikarenakan pulau ini memiliki pohon yang dikenal sebagai “Darah Naga”. Pohon ini memiliki getah yang berwarna merah seperti darah. Selain itu, bentuk dari pohon tersebut juga menarik karena memiliki cabang-cabang yang berbentuk seperti payung dari hasil evolusi tanaman ini untuk bertahan di kondisi yang kering serta gersang untuk mengurangi penguapan.