Fenomena Awan Cantik Tapi Berbahaya!

Fenomena alam – Sebuah peristiwa yang tidak diciptakan oleh manusia dan bisa disebut peristiwa non-artifisal dalam pandangan fisika. Ada 2 jenis fenomena alam yaitu Fenomena alam yang indah untuk dilihat dan ada juga fenomena alam berbahaya. Salah satu fenomena alam yang indah di lihat namun berbahaya yaitu AWAN LENTICULAR.

Sebelunya pernah denger gak sih istilah Awan Lenticular?? Ya, Awan lenticular salah satu fenomena alam yang terjadi di dunia salah satunya di Indonesia. Pada bulan september kemarin terjadi fenomena alam yang indah dan cantik yang terjadi di daerah ungaran, jawa tengah. Awan cantik tersebut muncul tepat di atas Gunung Ungaran banyak orang yang melihat dan menyaksikan awan cantik tersebut.

Awan Lenticular adalah awan yang unik dan biasa terbentuk di sekitar bukit dan gunung-gunung akibat pergerakan udara di daerah pergunungan. Awan ini terbentuk dari hasil pergerakan angin yang menabrak dinding penghalang besar seperti pergunungan yang akhirnya menimbulkan sebuah pusaran yang sangat besar. Biasanya bentuk awan ini seperti sebuah piring terbang raksasa atau biasa disebut (UFO) dan bisa kalian liat bentuk awan tersebut seperti tumpukan pancake raksasa. Awan ini pun terlihat berlapis-lapis dalam satu awan.

Terjadinya Awan Lenticular yaitu adanya udara lembab di paksa naik ke atas ketika ditransmisikan melalui pergerakan angin ke gunung, menyebabkan air meluap dan membentuk awan dan suhu udara dipaksa menjadi pola gelombang. Awan Lenticular dapat dilihat pada ketinggian 8.000 hingga 20.000 kaki (2.438-6.096 meter).

Awan Lenticular ini sangat dihindari oleh pilot, Kenapa? karena jika pesawat dipaksakan untuk melewati, menembus atau mendekatinya pesawat tersebut akan kehilangan kendali dan mengalami turbulensi. Turbulensi adalah sebuah gerakan udara yang tidak beraturan disebabkan oleh perbedaan tekanan udara atau suhu. Fenomena ini sangat berbahaya bagi penerbangan karena disekitar awan ada angin yang sangat kuat dan kencang. Jadi sekarang udah tahu kan awan lenticular itu apa dan seperti apa bahaya nya.