Kailash, Gunung Terakhir Yang Belum Terjangkau Pendaki

 

Fenomena Misteri – Di daerah Tibet konon terdapat gunung yang dianggap sebagai tempat persinggahan Dewa Siwa dan dianggap sakral. Siapa pun dilarang untuk mendaki di gunung ini.

Nama gunung tersebut bernama Kailash dan merupakan sebuah puncak yang terletak di jajaran pegunungan Himalaya. Di antara nama-nama gunung yang keberadaannya diakui dunia, namun untuk gunung yang satu ini terdengar asing dikarenakan keberadaannya yang penuh dengan misteri.

Dengan ketinggian yang mencapai 6.638 mdpl, namun tak ada satu pun pendaki yang berhasil menaklukkan puncak gunung tersebut. Hal ini dikarenakan legenda gunung tersebut yang belum terungkap.

Di antara gunung-gunung di dunia yang disakralkan karena misteri yang menyelimutinya, hanya gunung Kailash menjadi satu-satunya gunung yang disakralkan lima agama sekaligus, yaitu Ayyavashi, Bon, Budha, Hindu, dan Jainisme. Hal ini tak lepas dari kepercayaan oleh masyarakat setempat yang menganggap Kailash sebagai tempat singgah Dewa Siwa.

Bahkan masyarakat Hindu setempat meyakini bahwa di gunung Kailash ini menjadi tempat terjadinya kehidupan yang kekal karena dianggap suci dan tak terjamah oleh manusia. Namun menurut kabar yang beredar, ternyata ada satu orang yang berhasil menaklukkan Kailash. Orang tersebut bernama Milarepa.

Karena terkenal akan kesuciannya, setiap tahun di gunung Kailash akan dibuka untuk sebuah tradisi yang dikenal dengan tradisi Kora. Masyarakat setempat maupun peziarah yang mengikuti tradisi tersebut percaya akan terhapusnya seluruh dosa-dosa mereka semasa hidupnya.

Dan setelah mengikuti tradisi tersebut konon para peziarah akan mendapati rambut beserta kukunya akan bertambah panjang dari sebelumnya dan meyakini udara yang berhembus dari puncak Kailash lah yang menyebabkan proses penuaan semakin meningkat.