Cerita Seram Dari Misteri Pulung Gantung Yang Masih Di Percaya Hingga Saat Ini

 

Fenomena Misteri – Di berbagai  daerah yang  ada di penjuru dunia tentunya menyimpan banyak kisah-kisah misteri.  Salah satunya di wilayah Daerah istimewa Yogyakarta yakni Gunung Kidul yang sangat terkenal dengan wisata pantainya yang indah dan menawan. Namun  banyak yang belum mengetahui di balik keindahan  alam  yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta ini menyimpan banyak misteri yang belum  terungkap.

Salah satu cerita misteri yang  ada dari turun temurun  hingga saat ini di wilayah Gunung Kidul ialah Kisah pulung Gantung. Bagi masyarakat yang berada di luar Yogyakarta mungkin belum banyak mengetahui cerita tentang Pulung Gantung, namun bagi masyarakat yang  tinggal di Yogyakarta cerita ini sudah ada sejak zaman dulu dan menjadi momok tersendiri bagi masyarakat setempat.

Entah sejak kapan Cerita tentang Pulung Gantung ini muncul, namun mitos tentang Pulung Gantung ini sudah ada di masyarakat setempat sejak zaman dulu kala dan sering menjadi tindakan bunuh diri. Hal ini membuat peristiwa ini menjadi cerita mistis menjadi fakta bahwa kejadian ini benar benar  terjadi.

Cerita Pulung Gantung ini tidak bisa di sepelekan karena hampir setiap tahun terjadi peristiwa tersebut. Bahkan Gunung kidul kini tercatat sebagai kabupaten yang memiliki angka tertinggi yang tentang tindak gantung diri. Berdasarkan catatan pemkab Gunung Kidul pada 2018 ada 30 warga yang melakukan tindakan Bunuh Diri. Sementara pada tahun 2019 ini sudah ada 13 warga yang bunuh diri.

Banyak orang yang mengaitkan Gunung Kidul sebagai tempat angker (Pulung Gantung), Namun ternyata mitos tersebut  hanya berlaku untuk warga keturunan asli Gunung Kidul. Menurut kepercayaan yang ada mitos tersebut hanya berlaku bagi warga Gunung Kidul saja yang lahir dan besar di tempat tersebut. Artinya kisah misteri tersebut hanya berlaku pada warga setempat yang seakan-akan terkena kutukan tersebut. Walaupun demikian kutukan tersebut  tidak akan menghampiri warga yag sudah keluar dari wilayah tersebut, begitu juga sebaliknya jika yang datang dan tinggal di gunung kidul akan terhindar dari Pulung Gantung.

Fenomena tersebut mau tidak mau dikaitkan dengan hal-hal gaib, maka dari itu para tetua yang ada di Gunung Kidul hingga memberlakukan hukum adat  tersendiri bagi pelaku yang nekat mengakhiri hidupnya dengan cara bunuh diri. Hukuman yang di berlakukan berupa cara mengurus jenazah tersebut yaitu tidak dimandikan, dikafankan, maupun di sholatkan bagi warga yang beragama. Hal ini seakan akan mengurangi kasus bunuh diri yang terjadi di Gunung Kidul.