Salju Turun di Daerah Tropis (Papua)

Fenomena Alam – Indonesia merupakan salah satu daerah tropis, bagaimana jadinya kalau salju turun di daerah Indonesia?. Tidak ada kata bagaimana, salju memang turun di Puncak Carstensz, Papua. Keren banget!

Puncak Carstensz merupakan puncak gunung tertinggi di Indonesia, dengan ketinggian 4.884 mdpl dan berlokasi di Pegunungan Tengah, Papua. Beberapa waktu lalu ada seorang Traveler yang mendaki ke kawasan puncak tersebut tidak lama Traveler tersebut melihat salju bahkan es abadi yang langka di Indonesia.

Saat menuju Puncak Carstensz banyak ditemui tumpukan salju di bebatuan dan salju itu pun terus terlihat sampai tiba di puncak. Salju dan es yang disebut dengan es abadi ini terdapat tiga puncak lagi di sekitar Puncak Carstensz yang punya panorama indah dan menakjubkan itu. Ketiganya yaitu Puncak Sumantri, Puncak Jaya dan Puncak Carstensz Timur. Namun yang jelas terlihat yaitu bongkahan es besar yang disebut es abadi.

Untuk mencapai Puncak Sumantri dan Puncak Jaya, Traveler mendaki hingga Basecamp Danau-danau di ketinggian 4.330 mdpl, setelah itu traveler haru berjalan kaki sekitar 2 jam untuk mencapai puncak. Traveler juga harus melewati jalan yang licin dan harus melewati bebatuan yang sangat curam. sedangkan untuk Puncak Carstensz Timur sendiri lebih sulit untuk dicapai karena lokasinya yang begitu jauh dan begitupun jalan nya yang sangat beresiko dan harus menggunakan Krampon alias sepatu es untuk keamanan.
Di Puncak Carstensz memang bongkahan es nya lebih besar yang menutupi puncak dari pada puncak lainya bahkan di punggungan puncak nya terdapat gua es yang cukup besar. Gua es tersebut tampak di bagian bawahnya berwarna biru diperkirakan sudah lama karena bentuknya solid.