5 Longsor Paling Mengerikan di Seluruh Dunia

Fenomena Alam – Longsor merupakan bencana alam yang menyebabkan kematian sering terjadi, bencana ini dapat terjadi akibat aktivitas manusia maupun secara alami. Meningkat nya resiko longsor yaitu saat musim hujan seperti sekarang, air hujan yang sangat lebat membuat tanah menjadi gembur kehilangan penahan akhirnya longsor ke bawah.

 

Berikut Longsor yang paling parah dan mengerikan di seluruh dunia

1. Longsor Haiyuan, Tiongkok (lebih dari 100 ribu korban tewas)

 

Longsor Haiyuan di Tiongkok telah memakan korban lebih dari 100 ribu korban jiwa. Awal terjadi longsor ini disebabkan oleh gempa bumi pada 16 Desember 1920 pada pukul 19:05. Gempa tersebut berkekuatan 7,8 SR dan berdampak pada 273.400 orang dan korban tewas 100 ribu korban jiwa.

2. Longsor Vargas, Venezuela (lebih dari 30 ribu korban tewas)

Tepatnya di Amerika Latin, Peristiwa terjadi beberapa minggu sebelum pergantian tahun 2000 tepatnya pada 14-16 Desember 1999. Terjadinya banjir bandang ini di picu oleh hujan lebat, banjir ini tidak hanya membawa air tetapi juga membawa puing-puing yang menghancurkan ribuan rumah dan bangunan. Jumlah korban tewas sekitar 10 ribu – 30 ribu jiwa.

3. Longsor Gunung Kelud, Indonesia (5.000++ korban tewas)

Gunung Kelud menjadi ikon Kabupaten Kediri ini pernah mengalami letusan mematikan di tahun 1919. Tepatnya pada 19 Mei 1919, Erupsi tersebut menyebabkan 38 juta m air keluar dari danau kawah di gunung berapi ini. Lahar mematikan terbentuk dari material vulkanik dan tanah yang ada di lereng gunung ikut terbawa. Lebih dari 5.000 orang tewas akibat kejadian ini.

4. Longsor Huaraz, Peru (5.000 korban tewas)

Tak di sangka dulunya merupakan danau cantik ini menyebabkan ribuan orang meregang nyawa. Kejadian tersebut di picu oleh Es Gletser dari gunung lonsong dan jatuh ke danau Palcacocha, ini menyebabkan gelombang yang sangat besar dan mengahancurkan bendungan di danau. Peristiwa ini terjadi sebelum pagi kondisi masih gelap dan penduduk masih tidur lelap. Peristiwa ini pun membuat 5.000 jiwa melayang.

5. Longsor Kedarnath, India (5.700 korban tewas)

Tepatnya tanggal 16 Juni 2013 Tanah longsor terjadi di Kedarnath, tanah longsor ini membawa material lumpur, kerikil dan batu-batu besar. Air mengalir bersama guntur yang sangat keras longsor ini mengakibatkan banjir bandang dan menelan ribuah peziarah.