Labuan Bajo dan Pulau Komodo, Surganya Indonesia Yang Terletak Di Titik Lokasi Rawan Bencana

Fenomena Alam – Indonesia merupakan negara yang terdiri dari beribu-ribu pulau yang di setiap pulaunya banyak sekali menyimpan keindahan alam dan memberikan daya tarik wisata baik bagi wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Namun ada satu pulau di Indonesia yang terkenal dengan wisata pantainya. Pulau tersebut adalah Labuan Bajo, yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur tepatnya di kecamatan Komodo, kabupaten Manggarai Barat. Obyek wisata yang paling terkenal di tempat tersebut adalah Pulau Komodo.

Kenapa dinamakan Pulau Komodo? Karena di pulau tersebut banyak sekali dijumpai akan keberadaan hewan komodo. Konon menurut cerita pada saat terjadinya tsunami akibat letusan gunung Krakatau, hewan tersebut menjadi satu-satunya hewan yang selamat.

Karena lokasi pulau tersebut yang rawan akan terjadinya bencana alam sehingga dari pihak Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) akan memasangkan peralatan digital penguatan sistem pemantauan dan peringatan dini multi bahaya  geo-hidrometeorologi.

Hal tersebut bertujuan untuk memberikan peringatan dini dan pemantauan kedua lokasi tersebut dari ancaman bencana alam akibat perubahan iklim ekstrem yang tidak menentu, gempa bumi, tsunami serta gelombang tinggi. Nantinya dengan adanya alat tersebut, potensi terjadinya bencana geo-hidrometeorologi dapat di mitigasi secara lebih dini, tepat dan akurat.

Sebelumnya sudah terpasang peralatan manual dan dengan adanya peralatan digital yang baru tersebut mempermudah petugas BMKG di dalam menganalisa data yang muncul pada sistem tanpa perlu melakukan pencatatan secara manual di lapangan.

Dengan adanya pengamanan tersebut, tentunya membuat para wisatawan yang hendak berlibur ke Pulau Komodo tidak perlu merasa khawatir atau was-was akan terjadinya bencana. Karena mereka akan mendapatkan peringatan sebelumnya oleh pihak BMKG sehingga bisa mengantisipasinya lebih dini.