Menyeramkan dan Membuat Bulu Kuduk Merinding (Kisah Lawang Sewu)

Fenomena Gaib – Banyak sekali bangunan-bangunan bersejarah bekas penjajahan yang di telantarkan atau tidak dihuni lagi, gedung tua peninggalan Belanda ini menyimpan banyak mistis dan cerita-cerita yang menyeramkan. Simak ulasan ceritanya disini.

Lawang Sewu atau Pintu Seribu adalah sebuah gedung bersejarah yang berada di kota Semarang Jawa Tengah. Kisah gedung ini tak lepas dari sejarah industri kereta api di Indonesia. Gedung tua ini pun merupakan saksi bisu dari pertempuran sengit antara Angkatan Pemuda Kereta Api melawan penjajah Jepang demi mengambil alih jalur kereta api. Setidaknya belasan pejuang Indonesia gugur dalam pertempuran ini dan mayatnya di kuburkan tepat di halaman gedung.

Asal usul di namai Lawang Sewu karena sebenarnya gedung ini terdapat banyak sekali pintu. Pintunya sejumlah 342 namun akhirnya masyarakat setempat menyebut Lawang Sewu atau pintu seribu. Konon disetiap wilayah gedung lawang sewu terdapat makhluk halus berbagai macam dari kuntilanak, genderwo, arwah tentara hingga nonik belanda. Salah satu ruangan yang paling angker yaitu sebuah lorong yang berada di bawah gedung, dulunya lorong ini tempat aliran air yang menyejukan suasana lawang sewu. Namun setelah Jepang menduduki wilayah Indonesia, mereka menggunakan lorong tersebut sebagai penjara, lorong yang hanya setinggi 0.5 meter tersebut membuat para tahanan harus jongkok dan menahan dingin dari air yang mengalir. Banyak tahanan yang mati akibat tidak kuat menahan penderitaan itu.

Keangkeran lawang sewu mulai dirasakan ketika banyak rakyat indonesia dan tentara belanda mati secara tragis. Di halaman gedung lawang sewu terdapat sumur tua yang setiap harinya tidak boleh dibuka menurut kabar yang beredar setiap malam nya muncul suara-suara jeritan dan kesakitan dari tentara belanda. Sejarahnya sumur itu dijadikan untuk membantai tentara belanda.