Fenomena Hujan Es Yang Melanda Australia

Fenomena Alam – Hujan es yang melanda bagian tenggara Australia mengakibatkan beberapa jendela mobil rusak parah dan bahkan melukai burung. Hujan es ini seukuran bola golf yang ukuran nya tidak wajar.

Hujan es atau badai es ini menghantam sebagian wilayah Australia yang berada di Canberra pada senin sore, tanah di Australia di tutupi dengan butiran es yang berwarna putih. Banyak orang-orang yang panik dan sebagian pengemudi mencari tempat parkir dibawah tanah karena takut mobil nya rusak.

Sebelum terjadinya badai es ini wilayah tenggara Australia juga dilanda badai pasir besar. Hujan es sendiri berbeda dengan hujan beku, dimana hujan beku merupakan suatu hujan dalam bentuk air kemudian membeku saat jatuh atau mendekati tanah. Beda hal nya dengan hujan es, hujan es benar-benar jatuh sebagai benda padat. Tak heran banyak orang yang panik serta banyak rumah yang jendela nya rusak bahkan kaca-kaca mobil rusak akibat hujan es ini.

Hujan es terbentuk saat tetesan air membeku bersama di daerah atas awan badai yang dingin, ukuran dari hujan es ini juga terbilang sekitar 5 mm hingga 15 cm. Bentuk nya tersendiri cukup beragam yaitu dari yang bundar hingga lebih bergerigi. Hujan es banyak sekali terjadi hampir di seluruh dunia, hujan es yang mematikan pun telah terjadi atau pernah terjadi pada tahun 1888 di Moradabad dan kejadian itu menewaskan 250 orang di India.