6 Wisata Alam Yang Terbentuk Dari Letusan Gunung Berapi di Indonesia

 

Fenomena Alam –  Tidak disangka bahwa bekas sebuah bencana yang sudah terjadi menjadi salah satu objek wisata yang tak terduga, banyak orang dari luar kota bahkan dari luar negeri yang menyukai tempat wisata yang dulunya adalah bekas dari letusan gunung berapi.

Akibat dari pembekuan magma yang terjadi kini tersusun sebuah kawasan objek wisata alam yang menjadikan pemandangan menarik. Wisata alam yang terbentuk dari letusan gunung berapi ini banyak di kagumi oleh wisatawan domestik maupun luar mancanegara.

Berikut beberapa wisata alam yang terbentuk dari letusan gunung berapi

1. Danau Segara Anak

Danau segara anak merupakan danau yang terletak pada ketinggian kurang lebih 2000 mdpl tepatnya di desa Sembalun Lawang, pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Yang mempunya arti nama yaitu Segara Anak (bahasa jawa untuk laut) Anak berarti anak laut diberikan untuk itu karena warna biru mengingatkan danau laut. Di kawah ini para pendaki akan menemukan 2 sumber air panas yang diyakini bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Dan terdapat mitos bahwa di tengah danau Segara Anak terdapat sebuah istana tempat kediaman Dewi Anjani yang konon kerap dikenal sebagai penguasa Gunung Rinjani.

2. Danau Toba

Danau Toba merupakan salah satu danau berukuran besar di Indonesia yang berada di kaldera Gunung Supervulkan, dimana danau ini adalah danau vulkanik terbesar di dunia. Danau Toba sendiri merupakan lokasi letusan gunung berapi yang super masif berkekuatan VEI 8 sekitar 69.000-77.000 tahun yang lalu. Gunung ini juga terletak di pulau samosir dimana puncak tertinggi di semua daratan tinggi di pulau samosir.

3. Kawah Ijen

Kawah ijen merupakan sebuah gunung berapi yang terletak di perbatasan Banyuwangi dan Bondowoso Jawa timur. Gunung ini terahir meletus pada tahun 1999, yang menghasilkan sebuah fenomena alam yang terkenal yaitu blue fire di dalam kawah yang terletak di puncaknya. Fenomena Blue fire atau api biru abadi ini hanya bisa dilihat oleh mata manusia ketika tidak ada cahaya. Kawah ijen sendiri merupakan danau air asam kuat terbesar di dunia.

4. Danau Gunung Tujuh

Danau ini terletak di kabupaten Kerinci Jambi, danau gunung tujuh ini berada dikawasan Gunung tujuh yang tepat berada dibelakang gunung kerinci. Gunung kerinci juga salah satu yang bisa dipilih oleh para pendaki karena gunung ini merupakan gunung aktif tertinggi di Indonesia (3805 mdpl). Selain memiliki pemandangan yang indah dan menakjubkan, jalur untuk dilalui pun terbilang sangat mudah dari pada Gunung kerinci.

5. Kawah Kelud

Gunung Kelud merupakan salah satu gunung yang berada di Jawa Timur yaitu Kabupaten Kediri, sebagaimana sering disebut gunung berapi yang paling aktif di Indonesia. Gunung kelud terbilang yang telah meletus lebih dari 30 kali, dengan letusan terbesar yang kekuatannya 5 Volcanic Explosivity Index dan terakhir meletus pada tahun 2014. Dan kini gunung kelud telah menjadi sebuah objek wisata yang lebih terkenalnya kubah lava.

6. Danau Kelimutu

Danau Kelimutu merupakan salah satu danau yang terjadi dari peristiwa meletus nya Gunung Kelimutu yang terletak di Flores. Danau ini menjadi salah satu destinasi tempat wisata yang banyak disukai oleh wisatawan lokal hingga wisatawan asing. Danau ini memiliki 3 buah danau yang setiap air nya berbeda, yakni memiliki warna merah, biru, dan putih. Walaupun mempunya warna-warni namun warna tersebut akan berubah tersendirinya seiring berjalanya waktu.