5 Negara Yang Terunik Di Dunia Yang Tidak Bisa Merasakan Malam Hari Saat Musim Panas

Fenomena alam – Dalam sehari tentunya kita akan merasakan perputaran waktu siang hari dan malam hari yang berlangsung secara merata yaitu 12 jam. Terutama bagi orang-orang yang tinggal di bagian khatulistiwa bumi, termasuk Indonesia.

 

Namun ternyata di beberapa Negara ada yang tidak bisa merasakan malam hari. Fenomena tersebut hanya bisa terjadi pada musim panas dan disebut sebagai Matahari Malam atau Midnigt Sun. Saat fenomena alam ini berlangsung langit malam hari yang harusnya berubah menjadi gelap, namun bisa tetap terang benderang layaknya pada siang hari.

Biasanya Negara-negara yang mengalami fenomena Midnight Sun tersebut berada di belahan bumi bagain utara dan terjadi  sekitar bulan juni hingga agustus, kutub utara akan lebih condong ke arah matahari.

Mau tau Negara mana saja yang mengalami fenomena Midnight Sun di dunia ini? Yuk,, kita simak ulasan ini.

  1. Greenland

Grennland ialah Negara pertama yang mengalami fenomena Midnight Sun. Durasinya lebih lama dengan yang ada di Negara Negara lainnya. Di Greenland fenomena Midnight Sun ini bisa berlansung selama 20 jam pada april sampai akhir agustus.

  1. Rusia

Tuan Rumah Piala Dunia 2018 ini juga mengalami fenomena alam Midnight Sun. Orang-orang yang sedang berkunjung di  Rusia tepatnya di  kota St.Petersburg akan menyelenggarakan festival seni budaya untuk memperingati fenomena ini. Siang hari akan belangsung  berkepanjangan mulai dari awal mei sampai pertengahan juli.

  1. Kanada

Jika di Negara Kanada tidak semua daerah mengalami fenomena Might Sun hanya beberapa daerah saja yang mengalami fenomena tersebut yaitu kota Yukon yang  berada di bagian utara Kanada. Setiap tahunnya penduduk di Yukon akan mengalami siang yang sangat panjang yang di mulai akhir juni sampai Agustus.

  1. Finlandia

Kota Ivalo merupakan kota yang sangat terkenal di Finlandia. Pada saat musim dingin para wisatawan yang berkujung ke Kota Ivalos menyaksikan aurora Borealis.

Namun pada musim panas kota ini megalami fenomena yang sangat menarik yaitu siang yang sangat panjang. Bahkan matahari terlihat seperti tidak tenggelam lho.

  1. Norwegia

Di bagian utara Norwegia hampir semua kotanya  mengalami fenomena Midnight Sun. Fenomena ini di mulai dari  Bulan Mei hingga Juni yang artinya semua kota ini tidak pernah merasakan malam hari. Coba anda bayangkan ketika pukul 12 malam dan melihat langit-langit seperti jam 12 siang? Tentunya sangat menarik bukan.