Menguak Makam Nefertiti Sang Ratu Mesir Yang Tak Pernah Diketahui Keberadaannya

Fenomena Misteri – Selama ini kita hanya mengenal Cleopatra sebagai ratu Mesir yang terkenal dengan kecantikannya yang kemudian menjadi ikon kecantikan pada jamannya bahkan hingga saat ini. Namun ternyata selain Cleopatra, ada ratu Mesir yang popularitasnya bahkan menyamai Cleopatra. Ratu tersebut bernama Nefertiti.

Nefertiti bukan seorang perempuan biasa. Ia merupakan seorang ratu dan seorang ibu tiri dari Firaun muda, Tutankhamun yang memiliki kombinasi kekuatan dan kecantikan. Tutankhamun sendiri adalah seorang raja Mesir dengan masa pemerintahannya sekitar abad 1332 SM dan berakhir pada 1323 SM. Karena itulah ratu Nefertiti mempunyai pengaruh dan andil yang besar dalam peradaban Mesir Kuno pada masanya.

Seiring bergantinya jaman, pesona ratu Nefertiti seakan tak pernah luntur. Para ahli dan tim arkeolog berlomba-lomba ingin menguak misteri akan sosok ratu Nefertiti. Dan yang masih menjadi pertanyaan hingga saat ini yaitu keberadaan makam dari ratu tersebut yang belum pernah diketahui lokasinya.

Bukti potensial akan makam Nefertiti akhir-akhir ini telah ditemukan oleh para ahli dan tim arkeolog dan mereka meyakini bahwa makam tersebut berada di balik makam Firaun muda yaitu Tutankhamun.

Para ahli dan tim arkeolog tersebut yang dipimpin oleh mantan menteri Kepurbakalaan Mesir, Mamdouh Eldamaty kemudian mulai menyisir area lokasi makam firaun Tutankhamun. Teknologi yang mereka gunakan yaitu berupa radar penembus tanah dimana dengan alat tersebut segala informasi yang berada di balik dinding makam Tutankhamun dapat diungkapkan.

Dan usaha mereka pun tidak sia-sia. Karena ruangan yang terletak di dekat ruang pemakaman yang sebelumnya tidak diketahui keberadaannya akhirnya bisa terungkap. Ruangan tersebut diketahui berukuran 2 meter dan terhubung langsung ke ruang makam Tutankhamun dan kemudian diberi kode KV62 oleh para peneliti.

Segala upaya yang dilakukan oleh para ahli dan arkeolog tersebut didalam memecahkan misteri makam dari seorang ratu Nefertiti hanya tinggal menunggu waktu saja. Mengingat bahwa sebelumnya pernah dilakukan penelitian oleh beberapa ahli untuk menguak misteri makam tersebut namun mereka tidak mendapatkan hasil apa-apa.