Beberapa Desa Dan Kota Tak Berpenghuni Terseram Di Asia

Fenomena Misteri – Di seluruh belahan dunia banyak ditemukan tempat yang dulunya merupakan bekas desa atau kota berpenghuni namun kemudian ditinggalkan oleh penduduknya karena alasan tertentu sehingga menjadi  kosong.

Bagi yang punya nyali, bisa menjadikan lokasi tersebut sebagai spot untuk berswafoto karena akan meninggalkan kesan estetik. Dan ternyata diantara kota atau desa tak berpenghuni tersebut ada desa di Indonesia termasuk didalamnya. Berikut ini beberapa kota yang tak berpenghuni tersebut.

1. Houtouwan

Terletak di pulau Shengshan yang dulunya merupakan desa para nelayan. Ditinggalkan oleh penduduknya dikarenakan susahnya akses untuk bekerja atau berbisnis menuju pulau Tiongkok.

Semenjak pulau tersebut menjadi kosong karena ditinggalkan penduduknya, tumbuhan liar pun mulai memenuhi sebagian besar wilayah pulau tersebut termasuk bekas rumah penduduk di pulau itu.

2. Gamber

Merupakan desa yang terletak di kaki gunung Sinabung di Dataran Tinggi Karo, Indonesia. Pada tahun 2010 silam terjadi letusan Gunung Sinabung yang sangat hebat dan meluluhlantakkan rumah-rumah penduduk yang berada di area kaki gunung tersebut.

Semua penduduk di desa tersebut akhirnya meninggalkan rumah mereka untuk mengungsi  dan tidak pernah kembali karena erupsi gunung Sinabung yang terus berkelanjutan di tahun-tahun berikutnya.

3. Kayakoy

Desa dengan nama lainnya yaitu Rock Village dan berada di negara Turki. Dibangun sekitar abad ke-18 dan dihuni sekitar 500 rumah dengan sebagian besar penduduknya penganut agama Kristen Ortodoks Yunani.

Sekitar tahun 1919-1922 telah terjadi perang yang menyebabkan lebih dari satu juta Kristen Ortodoks Yunani kembali ke Yunani dan 500 ribu Muslim Turki kembali ke Turki sehingga menyebabkan desa tersebut tidak berpenghuni layaknya kota mati.

4. Lifta

Berada di tepi Yerusalem dan dalam kitab suci Ibrani sebagai perbatasan antara suku Yehuda dan Benyamin. Dulunya desa ini dihuni oleh penduduk Palestina, namun kemudian desa ini mulai dikosongkan sekitar tahun 1948 tepat pada saat Israel mendeklarasikan diri mereka sebagai negara.

5. So Lu Pun

Desa yang berada di pedalaman Hong Kong ini bila dibandingkan dengan desa-desa tak berpenghuni lainnya tak kalah menyeramkan apalagi di sekeliling desa tersebut berupa hutan belantara yang menambah kesan seram.

6. Agdam

Lokasi desa ini yaitu di bagian barat daya Azerbaijan yang didirikan pada awal abad ke-19. Akibat peperangan sengit Nagorno-Karabakh yang terjadi pada tahun 1993 sehingga menyebabkan hampir seluruh kota hancur dan membuat penduduk kota tersebut melarikan diri dan akhirnya kota tersebut tidak berpenghuni.