Fenomena Langit Menakjubkan Di Sepanjang Maret 2020

Fenomena Alam – Banyak sekali peristiwa langka yang akan maupun yang telah terjadi di sepanjang bulan Maret tahun 2020 ini. Seperti pada tanggal 9 Maret 2020 kemarin telah terjadi fenomena supermoon dimana penampakan bulan akan terlihat berbeda seperti biasanya karena berukuran lebih besar, dekat dan juga penuh.

Kemudian selanjutnya pada tanggal 14 Maret 2020 kemarin pun di langit beberapa belahan dunia telah disuguhkan puncak hujan meteor Normid dimana setiap per jamnya akan melintas enam meteor di langit pada malam hari.

Nah, dua fenomena di atas merupakan peristiwa langka yang telah terjadi. Namun ternyata sampai akhir bulan Maret ini masih ada beberapa peristiwa alam menakjubkan lainnya yang bakal terjadi yang sangat sayang untuk dilewatkan karena diantaranya tergolong besar dan sangat langka terjadi. Fenomena apa saja yang bakalan terjadi selanjutnya sampai di penghujung bulan Maret ini? Berikut penjabarannya :

1. Terjadinya Konjungsi Besar Antara Bulan, Planet Mars, Jupiter, dan Saturnus Pada Tanggal 19 Maret

Diperkirakan untuk tanggal 19 Maret nanti akan terjadi peristiwa langit terbesar dimana Bulan dan 3 planet yang terdekat dengan Bumi yaitu Mars, Jupiter, dan Saturnus akan tampak bertemu di langit bagian Timur.

Untuk penampakan pertama Bulan dan Mars akan saling berdekatan hingga apabila terlihat dari bumi membentuk sudut 0,44 derajat. Selanjutnya Jupiter dan Saturnus akan berdekatan 90 menit kemudian. Peristiwa ini akan terjadi pada pukul 03.00 WIB.

2. Merkurius Akan Terlihat Dengan Jelas Pada Tanggal 20 Maret 2020

Karena ukurannya yang sangat kecil sehingga Merkurius merupakan satu-satunya planet yang paling sulit untuk diamati. Ditambah jaraknya yang paling dekat dengan Matahari sehingga membuat planet tersebut selalu tertutup oleh bayangan bintang.

Pada tanggal 20 Maret nanti Merkurius dikabarkan akan tampak terlihat jelas di langit bagian Timur pada dini hari sebelum subuh berbentuk sebuah titik yang sangat terang.

3. Akan Terjadi Peristiwa Ekuinoks Tanggal 20 Maret 2020

Ekuinoks akan terjadi di tanggal yang sama dengan penampakan Merkurius yaitu di tanggal 20 Maret 2020. Di mana pada tanggal tersebut akan terjadi pembagian waktu yang sama antara siang dan malam yaitu 12 jam siang dan 12 jam malam. Dan akan sangat berpengaruh bagi mereka yang tinggal di negara bagian Utara Bumi dan Selatan Bumi.

4. Terjadinya Maraton Messier Di Tanggal 24 Maret 2020

Maraton Messier merupakan peristiwa dimana nantinya gugus bintang Messier berjumlah 110 akan menampakkan diri dalam satu malam saja dan diperkirakan akan bisa diamati pada tanggal 24 Maret 2020 mendatang.

5. Pertemuan Planet Mars Dan Saturnus Yang Bisa Disaksikan Tanggal 31 Maret 2020

Peristiwa yang akan terjadi pada akhir bulan Maret ini merupakan konjungsi atau pertemuan antara planet Mars dan Saturnus sehingga jaraknya hanya 0,55 derajat dari Bumi. Diperkirakan akan terjadi pada pukul 02.30 dan apabila disaksikan dari Bumi, di langit bagian Timur akan tampak kedua planet tersebut bersinar sangat terang dimana Mars akan tampak berwarna merah sedangkan Saturnus akan tampak berwarna kuning keemasan.