Beberapa Jenis Petir Yang Terlihat Keren Namun Aslinya Sangat Berbahaya

Fenomena Alam – Ketika cuaca gelap akan turun hujan, biasa nya petir akan datang dan menyambar. Selain itu petir akan datang dengan disertai badai, bagi orang yang menyukai petir saat menyambar karena cahayanya. Namun di balik itu semua petir merupakan salah satu kejadian yang berbahaya.

Dengan Keindahannya itu petir juga menghasilkan suara yang besar dan menggelegar. Banyak juga dari sebagian orang yang terkena sambaran petir. Kebanyakan orang yang terkena sambaran petir pasti meninggal. Tidak jarang pula petir mendatangkan petaka dengan membuat kebakaran hutan atau membuat bangunan rusak. Berikut 7 Jenis petir yang ada di alam!

1. Petir Vulkanik

Petir Vulkanik hanya terjadi apabila sebuah gunung merapi meletus. Tipe petir ini muncul tepat di atas gunung yang meletus. Pertir vulkanik juga jarang terjadi karena tidak mungkin semua gunung akan meletus.

2. Petir cloud to ground atau dari awan ke tanah

Petir ini merupakan salah satu petir yang bermuatan negatif yang bertemu dengan permukaan bumi yang notabene bermuatan positif. Petir ini muncul dari awan lalu barulah dia menyambar ke daratan. Petir ini pun kerap muncul apalagi di wilayah benua, dan petir ini merupakan petir yang paling berbahaya.

3. Petir intracloud atau di dalam awan

Petir ini sering terlihat di permukaan awan saja kan, rupanya tipe petir ini memang muncul di antara dua awan yang memiliki muatan yang berbeda jadi ketika awan kedua ini bersatu maka dari situlah mereka akan menciptakan petir intracloud.

4. Petir cloud to cloud atau dari awan ke awan

Petir ini merupakan petir yang melewati dua awan yang berbeda karena awan yang satu memiliki muatan positif sedangkan yang kedua memiliki muatan yang negatif. Namun akan terlihat sama dengan petir intracloud karena terlihat berada di dalam awan.

5. Space lightning atau petir luar angkasa

Petir ini adalah petir yang mempunya tipe petir yang dilihat dari sudut pandang yang berbeda. Adapun yang pelaku di balik visualisasi ini adalah NASA, jadi NASA mencoba melihat petir ini dari posisi yang berbeda yakni dari atas awan.

6. Petir red Sprites

Dimana petir ini mempunyai penampakan yang berbeda dari yang lainya, petir ini tampak memiliki warna merah dan hanya berlangsung selama beberapa detik saja. Untuk melihat petir ini kamu harus menggunakan kamera dengan lensa yang sensitif. Petir ini juga sangat unik bentuknya terkadang menyerupai wortel, ubur-ubur atau seperti kolom.

7. Dry lightning atau petir kering

Dry lightning atau petir kering ini kerap terjadi di musim panas, petir ini muncul tanpa disertai hujan. Perlu kamu tahu petir kering ini sangat mengerikan karena yang memicu kebakaran hutan ialah adanya petir kering ini.