Kisah Pamukkale Cotton Castle Cantik Yang Ada di Turki

Fenomena Alam –  Sudah tahu belum nih dengan wisata yang satu ini? Jarang lho orang menginjakan kakinya ke tempat ini. Tempat wisata yang sangat cantik ini menjadi primadona orang Turki, dengan keindahanya banyak sekali turis yang mengunjungi tempat tersebut.

Iya, tempat ini adalah tempat terkenal dengan keindahanya yang terletak di sebuah kota kecil di Turki sebelah barat. Kira-kira 20 km dari Denizli. Tempat ini adalah Pamukkale sumber mata air panas yang kaya dengan mineral berwarna biru kehijauan. Air mineral ini mengalir ke lembah yang di dalamnya lebih dari 100 meter, suhu nya berkisar 35 derajat sampai 100 derajat. Di tempat wisata ini juga memiliki tebing lembah yang membentuk teras berundak-undak berupa 17 kolam air panas. Dimana dinding kolam tersebut di lapisi dengan kristal berwarna putih bersih seperti kapas.

Untuk namanya sendiri yaitu Pamukkale memiliki arti Cotton Castle atau kastil kapas. Pamukkale juga sering disebut dengan Cleopatra’s Pool atau kolam renang Cleopatra. Disebut begitu karena konon ada kisah Cleopatra, Ratu Mesir yang pernah berenang di tempat ini. Menurut para geologi terjadinya kolam renang ini disebabkan oleh adanya gempa yang menyebabkan pergeseran tanah di lembah Sungai Menderes. Hal ini menyebabkan air panas yang mengandung mineral muncul dari perut bumi aliranya sangat deras yaitu ratusan liter per detik. Untuk terbentuknya sumber air panas ini diketahui sudah 400.000 tahun yang lalu.

Tempat ini dulunya memiliki sebuah hotel di sebelah sumber mata air ini namun sayang hotel tersebut di gusur dan diratakan karena beberapa bangunan hotel tersebut hancur karena gempa yang dasyat dan mengakibatkan kolam renang yang dilapisi kristal tersebut hancur. Di lembah Pamukkale juga ada kuil tempat memuja dewa Hieron, di masa lalu hal yang umum untuk membangun sebuah kuil dan tempat-tempat suci di sekitar fenomena alam seperti air panas. Dari sebuah kuil yang di buat akhirnya tempat ini berkembang dan menjadi sebuah kota yang dimana banyak orang yang datang ke Pamukkale. Tak heran setiap tahun ada sekitar 2 juta turis datang untuk berendam air panas.