The Great Blue Hole Lubang Raksasa di Laut Belize

Fenomena Alam –  Alam mempunyai banyak sekali kejutan yang disimpan hal nya dengan lubang raksasa dilaut ini yang sedang menggemparkan dunia. Sebuah misteri yang di ekspedisi oleh para tim penyelam ini sudah terpecahkan.

Great Blue Hole merupakan sebuah lubang bawah air di lepas pantai yang berada di Belize yang sangat tekenal dengan spot scuba diving. Untuk nama nya sendiri yaitu Great Blue Hole di ambil dari seoarang penyelam dan penulis Inggris yang sudah tinggal di Belize selama bulan. Sudah lebih dari 20 kali penyelaman ke dalamnya menggunakan sebuah kapal selam Aquatica’s Stingray dan Roatan Institute of Deepsea Exploration’s (R.I.D.E) Idabel. Perairan di Belize menjadi rumah bagi beberapa jenis hiu karang dan kerapu raksasa.

Tapi ada yang paling menarik bagi para penyelam yaitu bentangan arsitektur gothic gua yang runtuh dengan stataltit dan stalagmit yang menjadi sebuah pengungkap asal muasal lubang besar itu. Lubang raksasa ini memiliki lebar kurang lebih 300 meter dan kedalaman 125 meter. Lubang raksasa ini merupakan Sinkhole kedua terbesar yang ada di dunia, setelah Dragon Hole di Laut China Selatan. Fenomena alam yang satu ini tidak heran jika menjadi rumah bagi berbagai jenis terumbu karang yang cantik dan unik serta berbagai macam ikan laut langka.

Great Blue Hole ini juga merupakan sebuah gua runtuh yang di penuhi dengan stalaktit yang terbentuk dari lapisan batu kapur halus dan dinding karbonat yang lebih kasar. Terisolasi cukup lama dalam kegelapan lubang besar ini menyimpan petunjuk yang sangat alami dari siklus hidup planer kita. Great Blue Hole memiliki lapisan hidrogen sulfidanya yang berada di kedalaman 90 meter. Jubah hidrogen sulfida yang ditemukan dalam lubang tersebut, ini merupakan sangat beracun dan bersifat merusak. Lalu di kedalaman 106 meter tidak ada oksigen dan membuat kerang mati dan tidak ada kehidupan.