Moeraki Boulders, Batu Bulat Yang Mengagumkan

Fenomena Alam – Bebatuan yang tersebar di sepanjang pantai merupakan hal biasa di lihat. Namun di Moeraki tepatnya di 40 kilometer sebelah selatan Oamaru kamu akan melihat batu bulat raksasa tersebar di sepanjang pantai ini.

Pantai North Otago merupakan salah satu pantai yang terkenal dengan batu yang sangat luar biasa, ialah batu bulat raksasa yang sangat banyak kalian temui di sepanjang pantai. Bebatuan lain bisa di lihat menyembul dari atas tebing batu pasir. Batu disini memiliki berat beberapa ton dan tingginya bisa mencapai 2 meter lebih. Menurut legenda yang ada batu tersebut adalah labu yang terdampar lama di pantai dari sampan Araiteuru yang rusak saat mendarat di selandia baru pada ratusan tahun yang lalu.

Beberapa ilmuan juga menjelaskan bahwa batu bulat raksasa ini merupakan konkresi kalsium karbonat yang terbentuk selama 65 juta tahun silam. Kristalisasi kalsium dan karbonat yang berada di partikel ini bermuatan secara bertahap membentu labu, yang pembentukanya seperti proses pembentukan mutiara yang berlangsung selama empat juta tahun. Untuk batuan lumpur lembut ini yang berisi batuan bulat tersebut terangkat dari dasar laut sekitar 15 juta tahun lalu. Kemudian gelombang dan hujan mengeluarkannya satu demi satu.