Pemandian Air Soda di Tarutung Sumatera Utara

Fenomena Alam – Kebanyakan yang ada ialah kolam renang biasa dan pemandian air panas. Namun beda hal nya dengan pemandian air soda yang terdapat di Turutung Sumatera Utara ini, air nya menyerupai seperti soda pada umumnya.

Terletak di Desa Parbubu, pemandian air soda ini menjadi salah satu destinasi wisata yang tergolong sangat murah meriah namun sangat menyenangkan. Warna air nyaris berwarna merah seperti karat sehingga masyarakat yang ada di sekitar menyebut tempat ini dengan nama Aek Rara. Aek Rara sendiri merupakan terjemahan dari Aek yang berarti air sedangkan rara adalah merah. Air sodanya akan membuat badan kita halus dan sangat terasa ringan, sedangkan airnya sendiri tidak lengket namun akan terasa sedikit asin. Air soda ini dipercaya mengandung khasiat yang sudah di uji oleh dokter dari Bandung dan Yogyakarta. Dimana khasiatnya ialah sebagai obat mata dan gatal-gatal. dan apabila diminum menjadi obat rematik, pengapuran dan asam urat.

Minar Sihiti, merupakan orang yang menjadi penemu mata air soda ini, awal mula pemandian air soda ini berdiri pada sejak 1973. Yang dulunya air soda ini tidak sengaja ditemukan, setelah dicicipi oleh Minar air nya percis seperti soda. Lalu dari situ Minar berdoa di sebuah tempan rimbun yang mana doanya berisi “Ciptaanmu ini tuhan akan saya rawat sampai keturunan saya. Minar meneruskan ritualnya dan berkata “Kalian yang tinggal disini yang tidak saya kenal, saya mohon untuk meninggalkan tempat ini. Ciptaan Tuhan ini akan saya rawat dan jaga sebagai meta pencaharian saya,” sambungnya.

Setelah ritual selesai dilaksankan Minar bermimpi di datangi oleh sesosok arwah yang memberikan pesan baginya bahwa jika ingin menjadikan tempat ini untuk wisata ada perjanjian yang tidak boleh di ingkari yaitu tidak boleh berbicara kotor, tidak boleh telanjang walaupun itu anak kecil dan tidak boleh di adakanya penginapan disini harus hormat, jelasnya. Awalnya hanya sebuah kubangan namun setelah di keruk dan menghasilkan 2 truk batu dari situlah mata air keluar dengan deras.