Air Panas Sipolohon Sisa Letusan Gunung Berapi Martimbang

 

Fenomena Alam – Di Turki memiliki sumber air panas yang dikenal dengan Pamukkale. Sedangkan di Indonesia juga memiliki sumber air panas yang hampir mirip dengan pamukkale yaitu sumber air panas Sipolohon.

Terletak di Situmeang Habinsaran. Kecamatan Sipolohon. Tapanuli Utara. Ada sebuah pegunungan pasir yang memancarkan warna putih seperti bak kapas, dimana ada aliran air panas dengan suhu 40 hingga 70 serajat celcius. Yang menjadikan tempat ini serasa di surga lain yang berada di Indonesia. Fenomena alam ini terjadi akibat letusan gunung Martimbang yang kemudian mengandung belerang. Banyak yang mengatakan dan percaya bahwa tempat ini mengandung belerang sehingga dimanfaatkan untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Selain itu tempat pemandian disini kerap dijadikan sebagai spot foto anak muda. Keindahan dan eksotisme gunung kapur yang berpadu memiliki warna warni yang membuat takjub bagi pengunjung. Bebatuan yang warna warni menjadikan tempat pemandian menjadi sangat cantik. Di seputaran kolam air panas juga di manfaatkan warga dengan membuat kolam-kolam yang di aliri dengan air panas alami. Hal ini membantu pengunjung dari luar yang tidak mendapat tempat di kolam apabila ramai.