Aneh! Ribuan Cacing Muncul Ke Permukaan Tanah

Fenomena Alam – Tepatnya di Pasar Gede, Solo, Jawa Tengah. Ribuan cacing muncul ke permukaan tanah tanpa sebab yang jelas, namun menurut Pakar Lingkungan Hidup yakni, Prabang Setyono hal tersebut di sebabkan oleh habitat yang tidak mendukung.

Cacing keluar ke permukaan tanah ketika habitatnya tidak mendukung maka dari itu cacing membutuhkan kelembaban yang tinggi. Ketika kondisi kelembaban di tanah terjadi turun drastis yang disebabkan perubahan iklim sehingga cacing tersebut akan keluar. Kondisi ini banyak di sangkut pautkan dengan faktor masa transisi dari penghujan menuju kemarau. Sedangkan menurut masyarakat banyak mengaitkan dengan adanya fenomena aktivitas gunung merapi. Namun Prabang Setyono hanya menegaskan bahwa ada variabel yang menyebabkan habitat yang berada di dalam tanah terganggu.

Teori selanjutnya juga disampaikan, kemungkinan ada gelombang elektromagnetik frekuensi rendah di dalam tanahnya sendiri. Bahkan ada yang mengaitkan dengan zona gunung merapi. Prabang Setyono juga tidak menyetujuinya jika fenomena tersebut di kaitkan dengan efek penyemprotan disinfektan ketika pandemi COVID-19 karena daerah yang tidak terkena semprotan secara masif seperti Sukoharjo dan Boyolali tidak muncul fenomena cacing muncul. Fenomena cacing masih sangat misterius sampai saat ini, masih di cari tahu apa penyebabnya sehingga menimbulkan cacing-cacing bisa keluar dari tanah dengan jumlah banyak.