Pesona Indah Gurun Pasir Putih di New Mexico

Fenomena Alam – Gurun pasir hal wajarnya ialah berwarna coklat kekuningan, namun apa jadinya gurun pasir ini berwarna putih silver seperti salju. Hal ini menjadikan hal unik yang membuat banyak orang tertarik untuk mengunjunginya.

Tepatnya di New Mexico, Amerika Serikat. Sekitar 26 kilometer dari barat daya Alamogordo dan selatan dari White Sands Missile Range. Terdapat sebuah gurun pasir cantik berwarna putih seperti salju hamparan pasir putih ini seluas 700 kilometer. Yang bikin uniknya gurun pasir putih ini tidak bermaterial kuarsa, tetapi gipsum kristal. Dimana gipsum ini adalah salah satu senyawa mineral yang umum ditemukan namun masih jarang ditemukan di pasir karena mudah larut di dalam air. Untuk umumnya gipsum bisa ditemukan dalam air panas, danau dan air laut.

Awal mulanya Tularosa Basin, terletak gurun pasir putih tersebut berada merupakan sebuah cekungan dangkal yang sebagian tempatnya bermuara air hujan dan lelehan air dari pegunungan yang melarutkan gipsum. Dimana ketika airnya menguap lapisan gipsum kristal inilah yang tersisa. Gurun pasir putih ini bisa memiliki tinggi 15 meter untuk tumpukanya dan cukup besar bagi ukuran gurun di dunia.