Misterius! Cahaya Ungu Muncul di Ladang Ganja di Arizona, Amerika Serikat

 

Fenomena Alam – Umumnya cahaya yang muncul di langit berwarna orange jingga saat matahari terbenam atau matahari terbit. Namun apa jadinya bila di pagi hari cahaya yang muncul di langit berwarna ungu?

Tepatnya di sebuah ladang ganja Snowflake, Arizona, Amerika Serikat. Cahaya aneh muncul seketika di atas langit di pagi hari. Fenomena alam ini sempat menghebohkan para warga yang akan berangkat bekerja ke ladang ganja tersebut. Cahaya ungu ini pertama kali ditemukan oleh salah satu pegawai bernama Cara Smith ketika ia akan pergi bekerja di Copperstate Farm pada jam 6.30 waktu setempat.

Menurut Smith fenomena aneh ini pertama kalinya ia lihat di ladang ganja, tetapi pagi itu ia di kejutkan dengan cahaya ungu yang sangat aneh. Pemandangan tersebut membuat ia terkejut dan tidak lupa ia mengambil beberapa foto dan mempostingnya ke media sosial. Lampu yang berwarna ungu memang ada di tempat itu, tapi cahaya ungu itu memancarkan cahayanya hingga ke atas langit. Pagi itu juga salju masih turun dan masih berkabut dan berawan, ujar Smith kepada CNN.

Menurut Pejabat setempat, cahaya ungu ini di hasilkan oleh adanya lampu ultraviolet yang digunakan untuk membantu menumbuhkan ganja di Copperstate Farm. Cahaya tersebut lalu memantul pada salju yang ada di tanah dan menghasilkan sebuah cahaya yang berwarna ungu. Namun menurut para ahli cahaya ini di duga berasal dari cahaya matahari terbenam yang tersebar oleh adanya awan badai topan dan warna tersebut dihasilakan oleh adanya fenomena yang disebut dengan hamburan Raleigh. Molekul dan partikel kecil yang ada di atas atmosfer mengubah arah sinar cahaya tersebut dan menyebabkan mereka tersebar. Hamburan ini mempengaruhi warna cahaya yang datang dari langit yang dimana tercipta warna yang ditentukan oleh panjang sebuah gelombang cahaya dan ukuran partikel.