Nang Tani Hantu Legenda Penunggu Pohon Pisang Asal Thailand

Fenomena Gaib – Pohon pisang pada umumnya adalah pohon yang akan menghasilkan buah pisang hanya sekali berbuah seumur hidupnya. Namun tentu buah pisang juga menyimpan cerita mistik, setidaknya orang Thailand percaya bahwa pohon pisang ada penunggunya yaitu Nang Tani.

Nang Tani atau biasa disebut sebagai Nang Phrai Tani adalah hantu asal Thailand yang dipercaya sebagai sosok penunggu pohon pisang, dan kepercayaan ini sudah lama beredar di masyarakat Thailand dan sudah menjadi cerita rakyat disana.

Hantu ini digambarkan sebagai sosok wanita yang menggunakan pakaian tradisional Thailand berwarna hijau. Nang Tani diceritakan tidak sering menampakkan diri kecuali pada bulan purnama atau hari keramat.

Pada saat menampakkan diri, Nang Tani biasanya berdiri di sebelah pohon pisang, namun kakinya tak menginjak tanah. Konon, hantu ini tidak suka mengganggu warga. Meski begitu, hantu ini dikenal bisa mencelakai pria, terutama jika pria tersebut pernah melakukan kejahatan pada wanita.

Tak seperti hantu yang menakutkan, Nang Tani dikabarkan sebagai hantu yang baik. Terkadang mereka akan muncul untuk memberi makan pada biksu yang tengah dalam perjalanan. Meski begitu, menerbang pohon pisang yang dihuni oleh Nang Tani dipercaya bisa menyebabkan nasib sial.

Dengan kepercayaan pada Nang Tani ini, banyak masyarakat Thailand yang tidak mau menanam pohon pisang di sekitar rumah mereka. Biasanya mereka menanam pohon pisang di tempat yang agak jauh dari pemukiman masyarakat.

Bagi masyarakat Thailand yang notabene memiliki kepercayaan untuk hidup bersama dengan makhluk halus, mereka juga suka memberikan persembahan berupa manisan atau bunga pada pohon pisang yang dipercaya dihuni oleh Nang Tani.