Pesona Ngarai Cantik Kelabba Maja di NTT

Fenomena Alam – Tepatnya di pulau Sabu, Kecamatan Hawu Mehara, Kabupaten Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur terdapat sebuah tempat tersembunyi yang sangat cantik yang bernama Kelabba Maja.

Tempat ini merupakan salah satu tempat yang menyerupai Grand Canyon di Arizona atau sebuah Ngarai Besar yang dipisahkan tebing terjal. Untuk bisa sampai ke tempat lokasi ini cukup jauh dan sulit karena lokasinya yang terpencil dan tersembunyi berada di dekat pantai selatan Pulau Sabu. Infrastruktur jalan yang terjal dan masih dalam pengerjaan pemerintah setempat membuat perjalanan ke Kelabba Maja ini semakin menantang.

Kalabba Maja memiliki sebuah tebing yang berukiran indah berwarna alami yaitu gradasi merah marun, pink, coklat, biru dan kelabu. Dimana pilar-pilar batu tampak berwarna merah muda dengan puncak yang berbentuk mirip jamur berwarna merah tua. Fenomena ini menjadikan pemandangan yang sangat cantik dan unik. Perpaduan warna alami ini menjadikan tempat ini menjadi sebuah kunjungan wisata terfavorit banyak orang.

Warga setempat sangat percaya bahwa Kelabba Maja sebagai tempat berdiamnya para Dewa Maja atau Dewa bagi para masyarakat yang ada di sekitar tempat tersebut. Kelabba Maja terdiri dari beberapa batu besar yaitu ada tiga yang melambangkan bapak, ibu dan anak. Ditengahnya terdapat sebuah batu yang besar untuk dijadikan persembahan kurban bagi Dewa Maja. Tempat ini juga sangat sakral tidak ada yang boleh berkata kotor, karena Kelabba Maja dikeramatkan oleh warga setempat untuk melakukan ritual berupa pemotongan sebuah hewan kurban sebagai persembahan akan keselamatan dan kesuburan.