Brithday Canyon, Greenland Yang Menakjubkan

Fenomena Alam – Banyak ngarai di dunia ini yang cantik dan menakjubkan salah satunya Grand Canyon di Greenland ini merupakan salah satu tempat yang cantik dan di sukai banyak orang.

Brithday Canyon ini merupakan ngarai tentatif dengan catatan panjang uang di temukan di bawah lapisan es Greenland. Dimana dilaporkan oleh para ilmuan dari University of Bristol, University of Calgary, dan sebuah University of Urbino yang menggambarkanya sebagai mega-canyon. Terbentuknya Brithday Canyon yaitu sebuah es yang di ukir oleh lelehan air dengan kedalaman yang mencapai 45 meter. Dimana setiap sisi ngarai terlihat sebuah garis-garis panjang yang berupa lapisan stratigrafi yang merupakan lapisan es dan salju yang terjadi selama bertahun-tahun lamanya.

Ngarai ini memiliki panjang lebih dari 750 kilometer (466 mil), sampai 800 meter (2.600 kaki) dan lebar 10 kilometer (6 mil). Yang menjadikanya ngarai terpanjang yang di temukan di bumi hingga saat ini. Namun ada banyak ngarai termasuk Grand Canyon Arizona (1.857 meter) dan grand Canyon Yarlung tsangpo (keseluruhan 2.268 meter) sebelumnya terpanjang di dunia yang lebih dalam.