Mirip Dengan Gelombang Tsunami, Frozen Wave di Antartika

Fenomena Alam – Banyak sekali hal diluar nalar kita, namun banyak sekali kejadian yang kita harus ketahui dengan halnya gunung es yang menyerupai gelombang tsunami ini membuat orang takjub melihatnya.

Frozen wave merupakan gelombang setinggi 50 kaki yang telah langsung membeku saat mereka pecah. Seorang ilmuwan yang bernama Tony Travouillon di Dumont D’Urville, dengan deskripsi yang menyatakan bahwa itu adalah gelombang tsunami yang membeku. Tetapi meskipun rantai email dan forum internet mendukung klaim ini, apa yang sebenarnya digambarkan adalah fenomena alami dari blue ice.

Menara biru yang membeku ini tercipta saat es dikompresi dan gelembung udara yang terperangkap keluar. Selama musim panas, permukaan es mencair dan lapisan es baru mengompres di atasnya. Es tampak biru karena ketika cahaya melewati es tebal, cahaya biru ditransmisikan kembali tetapi cahaya merah diserap. Jika gelembung tidak di kompresi maka akan menyebarkan cahaya yang dimana semua akan dipantulakn kembali dan akan tampak putih

Anda juga bisa melihat gradasi warna di dalam lubang yang terselip di salju yang bersih dan dalam. Ketika kedalaman meningkat, corer akan melewati hijau kekuningan, biru kehijauan dan akhirnya akan berubah biru cerah. Jika lubangnya cukup dalam warna cahaya tersebut akan menghilang sepenunhnya apabila semua cahaya di serap.