Cano Cristales Si Sungai Lima Warna di Colombia

Fenomena Alam – Cano Cristales telah disebut sebagai “sungai lima warna,” “sungai yang lari dari surga,” dan “sungai paling indah di dunia.” Lapisan batuan yang ditutupi lumut hijau kusam terlihat di bawah arus dingin dan jernih.

Sungai berkembang pesat dalam ledakan warna selama rentang pendek antara musim hujan dan kemarau, ketika permukaan air tepat spesies tanaman unik yang melapisi dasar sungai yang disebut Macarenia clavigera berubah menjadi merah cemerlang. Itu diimbangi oleh bercak pasir kuning dan hijau, air biru, dan seribu warna di antaranya. Ini hanya terjadi untuk periode singkat antar musim selama musim hujan Colombia, air mengalir terlalu cepat dan dalam mengaburkan dasar sungai dan menyangkal Macarenia clavigera matahari yang harus berubah menjadi merah.

Selama musim kemarau, tidak ada cukup air untuk mendukung rangkaian kehidupan yang memukau di sungai. Tetapi selama beberapa minggu dari September hingga November, sungai berubah menjadi pelangi yang benar-benar hidup. Cano Cristales terletak di daerah terpencil tidak mudah diakses melalui jalan darat. Wisatawan dapat terbang ke kota terdekat La Macarena dari sana adalah perjalanan singkat ke Serrania de la Macarena taman nasional di mana Cano Cristales berada.

Wisatawan juga bisa berenang namun hanya diizinkan di area yang ditentukan. Perenang tidak boleh memakai tabir surya agar tidak merusak ekosistem yang rapuh. Untuk foto yang sempurna, periksa ramalan cuaca karena saat mendung sinar matahari tidak menyinari sungai sehingga warnanya tidak terlalu jelas. Jika tidak ada hujan untuk sementara waktu, ketinggian air akan turun membunuh tanaman yang rapuh dan mengubah warna dari merah terang menjadi kecoklatan.