Fenomena Sungai di Bawah Laut, Mengerikan!

Fenomena Alam – Umumnya sungai merupakan aliran sungai yang berada di permukaan daratan, namun tidak memungkinkan dengan adanya sungai yang berada di bawah laut. Kejadian ini membuat banyak orang merasa aneh bagaimana bisa terdapat air sungai di dalam air laut.

Sungai yang berada di bawah laut merupakan salah satu fenomena alam yang karakteristik air tawar di dalam laut yang kadar salinitasnya sangat tinggi dan asin. Fenomena ini ditemukan pertama kali oleh pakar salah satu Oceanografi asal Prancis yang bernama Yves Costeau. Sungai di bawah laut ini di kenal dengan nama Cenote Angelita yang terletak di Meksiko. Sungai bawah laut ini terletak di kedalam 115 kaki atau sekitar 35 meter dengan lebar sungai yaitu setengah mil.

Sungai bawah laut ini merupakan fenomena langka yang kemunculanya sering kali menimbulkan sebuah perdebatan di antara para peneliti bahkan ilmuan. Terdapat sebuah pendapat dimana dasar laut terjadi karena fenomena bernama Halocline yang di sebabkan oleh adanya area vertikal yang letaknya berada di bawah laut. Pada daerah yang di maksud terdapat sebuah kandungan kadar garam yang berubah dengan cepat seiring dengan kedalamnya. Jika di perhatikan dengan seksama pada sungai di bawah laut terdapat sebuah dinding pemisah yaitu antara air asin dan air tawar, hal ini yang menyebabkan perubahan kadar garam yang berpengaruh terhadap kepadatan air.

Sungai bawah laut bukan salah satu tempat yang aman bagi manusia, pada umumnya sungai yang berada di kedalaman 60 meter di bawah laut ini cukup membahayakan bagi manusia karena tekanan sebuah air yang cukup besar. Letaknya juga sangat jauh dari permukaan laut sehingga kondisi lingkunganya sangat gelap, peristiwa ini sangat berbahaya terdapat risiko para penyelam tidak bisa kembali ke daratan karenadi dalam air tersebut terdapat sebuah kandungan gas hidrogen sulfina yang sangat tinggi dan berbahaya.