Misteri Batu Vottovaara Yang Belum Terpecahkan

Fenomena Misteri – Tepatnya di 20 km sebelah tenggara Desa Sukkajarvi bagian barat Bukit Karelia Rusia terdapat sebuah gunung Vottovaara yang sangat unik. Dimana Wilayah ini pernah tertutup dengan lapisan es yang besar sekitar 10.000 tahun yang lalu.

Lapisan es tersebut tebalnya sampai beberapa kilometer dan lapisan es tersebut lama kelamaan menjadi cair dan kini meninggalkan sebuah lanskap dimana pandangan yang unik. Berupa batu-batuan yang berserakan dan bentuknya yang aneh. Di antara batu-batu yang ada dan berserakan salah satu batu yang paling mencolok di Vottovaara yaitu Balancing Stone atau batu seimbang. Yang dimana terdiri dari sebuah batu besar disangga oleh beberapa batu-batu kecil.

Ada juga batu lain yang tidak kalah menariknya yaitu batu yang berbentuk seperti tangga, adapun juga yang berbentuk batu terbelah. Sebagian dari mereka percaya bahwa batu-batu aneh itu muncul dengan sendirinya akibat proses alam. Namun ada juga dari mereka yakin batu-batu tersebut di bentuk dan ditempatkan oleh tangan manusia. Namun faktanya batu-batu tersebut terbentuk alami, suku sami yang ada di tempat tersebut meyakini Vottovaara merupakan gunung suci dan mempunyai kekuatan gaib.