Gaet’ale Pond Lubang Air Gas Beracun, Berbahaya Bagi Manusia

Fenomena Alam – Gaet’ale adalah tangki air yang paling alami di bumi, air nya mengeluarkan gas beracun yang membunuh burung kecil, serangga dan sangat berbahaya bagi manusia tentunya.

Depresi Afar di Ethiopia Utara merupakan salah satu daerah yang paling aktif secara tektonikdi dunia. Dibentuk oleh aktivitas vulkanikdimana lantai depresi sebagian besar terdiri dari lava dan daerah itupun dipenuhi dengan formasi alami yang memukau di bawah terik matahari. Salah satunya ialah Gaet’ale Pond yang terbesar dari serangkaian perairan kecil bebrapa mil dari Dollol yang salah satu lokasi yang di huni terpanas di Bumi. Danau yang setengah lingkaran ini memiliki diameter sekitar 197 kaki yang awal mulanya terbentuk setelah adanya gempa bumi pada Januari 2005.

Untuk suhu Fahrenheitnya mencapai 122 derajat hingga 155 derajat celcius. Gaet’ale Pond bukan merupakan untuk berendam air panas, melainkan kolam yang berbahaya karena adanya gas beracun yang dikeluarkan. Sebagaimana dibuktikan oleh serangga dan burung ditemukan mati di dekat kolam tersebut. Para peneliti menganggapnya sebagai bahaya kesehatan yang berbahaya dan berpotensi mematikan bagi pengunjung manusia.

Namun yang membedakan Gaet’ale Pond ini adalah kandungan garamnya, dari proses vulkanis di daerah tersebut kolam ini memiliki salinitas sangat tinggi 43 persen terutama kalsium klorida dan magnesium kloridanya menjadikannya badan air yang memiliki asin tinggi di Bumi. Air kolam Gaet’ale memiliki kadar asin lebih dari 12 kali lipat dari lautan di dunia yang memiliki slinitas sekitar 3,5 persen.