Gua Kristal Yang Menyimpan Bongkahan Kristal Terbesar di Dunia

Fenomena Alam – Tepatnya di bagian utara Mexico Chihuahua. Terdapat sebuah lokasi penambangan yang di sebut dengan Tambang Naica. Tambang Naica merupakan tambang timah dan perak cukup besar dan di kelola oleh perusahaan terkemuka di negara tersebut.

Jauh di bawah kedalaman tersebut tersembunyi sebuah gua-gua yang sangat terkenal dengan keindahanya yaitu banyaknya kristal. Yang paling menarik ialah Cueva de Ios Cristales atau disebut dengan Gua Kristal. Di gua ini terdapat lusinan bahkan ratusan kristal raksasa berwarna putih dan ungu yang menjadikan tempat ini menjadi sangat menakjubkan dan cantik. Kristal-kristal ini termasuk ke dalam bongkahan kristal yang terbesar di dunia karena panjangnya mencapai 12 meter dengan diameter 4 meter, dan beratnya kurang lebih 55 ton. Lalu bagaimana terjadinya kristal berukuran besar itu? Menurut Wikipedia Naica berdiri di rekahan bumi lalu di bawah gua-gua kristal tersebut terdapat sebuah kantung magma yang memanaskan air dan tentunya mengandul mineral salah satunya gypsum.

Air yang mengandung banyak mineral tinggi ini tetap terjaga di suhu 50 derajat celcius selama 500.000 tahun. Itulah yang menyebabkan bongkahan-bongkahan kristal menjadi raksasa. Pada tahun 1910 para penambang Naica menemukan sebuah gua bawah tanah yang di dalamnya terdapat sebuh bongkahan kristal yang runcing seperti pedang. Karena itulah dinamain dengan Cueva de Ias Espade atau Gua pedang. Di temukanya gua ini terletak sejauh 120 meter di bawah tanah dimana terlihat sebuah cahaya saat pengeboran dimana cahaya tersebut berupa bongkahan-bongkahan kristal jernis dan berkilau.